Bagi Anda yang memiliki bisnis rumahan, memperhatikan kemasan yang digunakan bisa membantu meningkatkan penjualan, lho.

Pemilik bisnis makanan rumahan biasanya berfokus pada kualitas makanan mereka, tapi seringkali mengabaikan kemasan makanan yang digunakan. Dalam blog ini, akan dibahas mengenai cara efektif untuk meningkatkan penjualan Anda melalui kemasan yang menarik dan fungsional.

Dengan memahami tren dan preferensi konsumen, memilih jenis kemasan yang tepat, serta menerapkan strategi desain yang menarik, Anda dapat menciptakan pengalaman yang unik bagi konsumen dan menggerakan pertumbuhan bisnis rumahan Anda.

Mengenal Tren dan Preferensi Konsumen

Dalam dunia bisnis makanan, penting bagi pemilik bisnis rumahan untuk tetap up-to-date dengan tren dan preferensi konsumen terkait kemasan makanan. Mengetahui tren terkini dapat membantu Anda menciptakan kemasan yang menarik dan relevan, yang akan memikat minta konsumen dan embuat produk Anda terlihat lebih segar dan modern.

Baca juga: Pentingnya Desain Kemasan Produk yang Menarik Agar Penjualan Meningkat

Mengetahui tren kemasan juga membuat bisnis Anda terlihat lebih profesional. Meskipun bisnis rumahan, tapi jika Anda menggunakan dan mengikuti tren kemasan yang sedang booming, maka konsumen akan melihat bisnis Anda sebagai bisnis yang serius, profesional, dan memiliki identitas yang baik.

Untuk mengetahui tren dan perkembangan kemasan makanan, Anda bisa memanfaatkan media sosial seperti Instagram, TikTok, YouTube, atau mencarinya di Google.

Namun, perlu diketahui bahwa Anda juga harus menyesuaikan dengan produk makanan yang Anda tawarkan. Jangan sampai Anda menggunakan kemasan makanan yang sedang tren, tapi kemasan tersebut tidak cocok dan pas dengan jenis makanan yang Anda tawarkan ke konsumen. Bisa jadi, kemasan tersebut rusak dan makanan jadi kurang sedap dan kenyamanan konsumen menjadi terganggu.

Memilih Jenis Kemasan yang Tepat

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa mengetahui tren kemasan sangatlah penting untuk bisnis rumahan Anda. Meskipun bisnis yang Anda kembangkan “sebatas” bisnis rumahan, namun mengetahui tren kemasan merupakan bukti bahwa Anda secara serius siap melayani konsumen Anda.

Tapi, Anda juga harus menyesuaikan jenis kemasan yang sedang tren dengan jenis makanan yang Anda tawarkan. Misalnya, jenis makanan yang Anda tawarkan mengandung sedikit kuah, namun Anda memilih lunch box sebagai kemasan karena kemasan tersebut sedang tren. Keputusan tersebut sangatlah tidak tepat. Karena lunch box didesain untuk menampung makanan yang tidak mengandung kuah.

Selain harus menyesuaikan dengan jenis makanan, Anda juga perlu mempertimbangkan memilih jenis kemasan yang berbahan dasar kuat dan sesuai dengan jenis makanan Anda.

Pilihlah jenis kemasan yang memang berbahan dasar tahan panas dan anti-bocor, sehingga kemasan tersebut tidak mengalami kerusakan dan perubahan bentuk saat digunakan untuk mengemas makanan yang masih panas. Pastikan juga jenis kemasan yang Anda pilih memiliki lapisan yang relatif tebal dan mampu menampung makanan dengan baik demi mencegah kebocoran makanan.

Desain Kemasan juga Penting

Sebenarnya, masalah desain seringkali diabaikan oleh para pemilik bisnis rumahan. Mereka cenderung menggunakan kemasan makanan apa adanya. Padahal, desain kemasan sangatlah penting guna menggaet perhatian target konsumen.

Apalagi di era media sosial seperti sekarang. Media sosial merupakan kanal terbaik untuk mempromosikan bisnis rumahan Anda. Selain gratis, Anda gak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun untuk mempromosikan produk makanan Anda.

Anda bisa menjadikan media sosial sebagai “etalase” atau “toko” virtual Anda. Nah, agar kelihatan menarik dan banyak dilirik oleh konsumen dan target konsumen, menggunakan desain kemasan sangat penting.

Desain kemasan makanan yang biasa-biasa saja akan sulit menarik perhatian konsumen. Bisnis Anda akan kalah dengan kompetitor, apalagi jika kompetitor Anda merupakan bisnis yang sudah besar dan lebih dulu dikenal banyak orang.

Menggunakan desain kemasan makanan yang unik dan menarik akan membuat bisnis Anda dikenal lebih banyak orang. Brand Anda juga akan lebih dikenali jika menggunakan desain kemasan makanan yang unik.

Namun, Anda tetap wajib menyesuaikan desain kemasan makanan Anda dengan identitas bisnis dan jenis makanannya. Gunakan perpaduan warna yang pas dan tidak too much. Desain kemasan yang berlebihan akan menjadi bumerang bagi bisnis rumahan Anda.

Kemasan yang Ramah Lingkungan

Kemasan makanan yang ramah lingkungan bisa menjadi bahan pertimbangan demi memikat konsumen dan meningkatkan penjualan. Di tengah krisis iklim yang semakin parah, kesadaran masyarakat untuk melindungi lingkungan cenderung meningkat. Dengan menggunakan kemasan yang ramah lingkungan, kepercayaan konsumen terhadap bisnis Anda berpotensi semakin meningkat.

Baca juga: Hemat Waktu dan Uang dengan Membawa Kotak Makan Siang Sendiri

Dengan menggunakan kemasan ramah lingkungan, Anda tidak hanya membantu melindungi lingkungan, tetapi juga mempromosikan kemasan ramah lingkungan. Menggunakan kemasan ramah lingkungan bisa menjadi investasi jangka panjang untuk brand bisnis rumahan.

Informasi Pada Kemasan

Mencantumkan informasi juga penting. Informasi pada kemasan makanan tidak hanya berfungsi sebagai penghias semata, tetapi juga membantu konsumen untuk mengetahui bahan dasar makanan, tanggal kadaluarsa, hingga tagline brand Anda.

Pada bagian kemasan, Anda juga bisa memberikan sedikit cerita atau informasi mengenai brand Anda. Konsumen cenderung memilih brand makanan yang memiliki cerita dan informasi unik.

Demikianlah pembahasan mengenai cara kemasan makanan dapat membantu meningkatkan penjualan bisnis rumahan. Dapat disimpulkan bahwa kemasan makanan memainkan peran yang cukup signifikan dalam membantu sebuah bisnis rumahan untuk berkembang.

Anda memiliki bisnis rumahan dan bingung mencari kemasan makanan yang pas? Manuva siap membantu memenuhi kebutuhan akan kemasan makanan berkualitas. Selain kemasan makanan, terdapat juga banyak jenis kemasan untuk minuman, dan kebutuhan packaging lainnya. Kunjungi toko kemasan & plastik terdekat untuk mendapatkan produk kemasan Manuva Brands, atau kunjungi situs manuva.com, yuk!