Box kardus merupakan salah satu packaging yang banyak digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Tidak hanya itu, medium packaging ini pun menjadi salah satu kemasan yang sangat diandalkan untuk mengemas berbagai macam produk. Tidak heran kalau kardus dijual di manapun oleh para pemilik agen kemasan.

Dibandingkan dengan medium kemasan lainnya, kardus memiliki volume yang relatif luas. Sehingga kemasan ini dapat menampung banyak produk di dalamnya. Selain itu, lapisan kardus juga cenderung kuat dan tahan terhadap guncangan. Hal ini menjadi bukti bahwa kardus merupakan medium packaging yang aman digunakan sebagai pelindung produk.

Baca juga: Strategi Pengadaan Kemasan untuk Pertahankan Rantai Pasokan

Berbagai macam produk menggunakan box kardus sebagai medium kemasnya. Mulai dari produk makanan, produk elektronik, produk kecantikan hingga produk otomotif. Lapisan kardus yang relatif tebal membuat kemasan ini digunakan untuk medium packaging berbagai macam produk.

Pada dasarnya, terdapat banyak jenis kardus di pasaran. Kardus memiliki beberapa jenis dan ukuran yang bisa disesuaikan dengan produk yang hendak diletakan di dalamnya. Mulai dari kardus berukuran kecil hingga besar. Selain ukurannya, kardus juga bermacam-macam soal ketebalan lapisannya. Artikel ini akan membahas mengenai jenis-jenis lapisan kardus yang ada di pasaran.

1. Box Kardus Single Wall (3 ply)

Box kardus dengan lapisan single wall merupakan jenis lapisan yang paling tipis dibandingkan dengan lapisan lainnya. Single wall memiliki tiga lapis yang terdiri dari lapisan atas, lapisan tengah berbentuk gelombang yang disebut flute, dan lapisan bawah.

Karena memiliki lapisan yang tipis, kardus jenis single wall tidak diperuntukkan untuk digunakan sebagai medium packaging produk berat. Biasanya, kardus jenis ini digunakan sebagai medium packaging untuk produk yang memiliki berat berkisar dari 0,1 kg hingga 15 kg. Produk yang menggunakan kardus ini biasanya seperti produk elektronik, produk kecantikan, produk makanan dan produk rumah tangga lainnya yang berukuran kecil.

2. Box Kardus Double Wall (5 ply)

Kardus double wall memiliki 7 lapisan. Lapisan ini terdiri dari empat lapisan luar-dalam dan tiga lapisan flute bergelombang. Dibandingkan dengan single wall, kardus yang memiliki lapisan double wall memiliki ketebalan yang relatif lebih baik. Kardus ini juga bisa diandalkan untuk menjadi medium packaging dari produk yang memiliki massa sedang.

Adapun kisaran berat yang bisa ditoleransi oleh kardus double wall adalah 20 hingga 50 kg. Kardus dengan lapisan double wall juga sering digunakan sebagai medium packaging produk yang akan dikirim menggunakan jasa ekspedisi.

3. Box Kardus Triple Wall (7 ply)

Untuk kardus jenis ini memiliki sepuluh lapisan yang terdiri dari lapisan luar-dalam dan lapisan flute bergelombang. Dengan kardus lapisan triple wall, produk dengan berat berkisar antara 50 hingga 100 kg bisa diletakkan di dalam kardus ini. Lapisan triple wall merupakan jenis lapisan kardus paling besar yang ada di pasaran.

Biasanya, box kardus dengan lapisan triple wall lebih sering digunakan sebagai medium packaging produk yang akan dikirim melalui jasa ekspedisi. Kardus ini juga sering digunakan sebagai medium produk yang akan dikirim ke luar negeri atau diekspor. Karena lapisannya yang cukup tebal, kardus dapat melindungi produk selama proses pengiriman.


Baca Juga: Perbedaan Jenis Kertas HVS dan Folio yang Wajib Diketahui

Itulah ketiga jenis lapisan box kardus yang ada di pasaran. Pada dasarnya, anda harus memastikan jenis lapisan mana yang tepat sebelum digunakan sebagai medium packaging dari produk Anda. Semakin berat sebuah produk, semakin tebal lapisan kardus yang digunakan guna menghindari kerusakan kardus dan produk itu sendiri.

Jika Anda berencana ingin menggunakan box kardus sebagai medium packaging produk Anda, Manuva siap membantu Anda untuk menyediakan keperluan akan kardus. Segera hubungi Tim Manuva untuk melakukan kuotasi pemesanan.