Bagi Anda yang punya bisnis rumahan, mungkin pernah berpikir, apakah perlu mencetak kemasan sendiri? Beberapa hal berikut ini bisa menjadi bahan pertimbangan apakah Anda harus mencetak kemasan atau menggunakan kemasan siap pakai

Informasi ini sepertinya penting bagi Anda yang saat ini berencana untuk membuka bisnis rumahan, terutama bisnis makanan dan minuman, perlu gak ya untuk cetak kemasan sendiri? Atau lebih baik beli kemasan siap pakai aja?

Sebenarnya itu tergantung dari bisnis yang Anda jalankan. Jika Anda mau menjalankan sebuah bisnis makanan/minuman rumahan sebagai salah satu sumber pendapatan dan mengisi waktu luang, rasanya membeli kemasan siap pakai lebih masuk akal ketimbang harus cetak kemasan.

Baca juga: Apa Saja Makanan Kemasan yang Laku dan Diburu Konsumen?

Namun, jika Anda berencana untuk membangun dan mengembangkan bisnis Anda agar lebih besar dan dikenal banyak orang, cetak kemasan bisa menjadi pilihan dan keputusan yang tepat, lho.

Cetak Kemasan itu Apa sih?

Cetak kemasan itu merujuk ke proses pencetakan desain dan informasi pada kemasan produk. Proses ini melibatkan percetaan gambar, logo, teks, dan grafis lainnya pada bahan kemasan seperti karton, kertas, plastik, atau bahan lainnya yang digunakan untuk melindungi, mengemas, dan mempromosikan produk Anda.

Dalam proses cetak kemasan, Anda bisa melakukan request atau permintaan spesifikasi kemasan sesuai kebutuhan Anda. Anda bisa menentukan bahan kemasan, jenis kemasan, gambar, logo, hingga tulisan yang ada di badan kemasan.

Nah, berbeda dengan cetak kemasan, kemasan yang sudah siap pakai biasanya sudah melalui tahap produksi dan percetakan, jadi Anda hanya tinggal memakainya saja. Secara waktu, menggunakan kemasan siap pakai cenderung lebih hemat waktu, karena Anda gak perlu nunggu waktu proses produksi dan percetakan.

Baca juga: Bagaimana Kemasan Makanan Bantu Tingkatkan Penjualan Bisnis Rumahan

Kesimpulannya, apapun jenis kemasannya, baik itu kemasan siap pakai atau kemasan yang harus dicetak dan diproses dulu sesuai spesifikasi Anda, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan.

Tapi… tunggu!!!!

“Saya berencana untuk menjalankan bisnis makanan rumahan, perlukah saya cetak kemasan?”

Mungkin Anda masih berpikir demikian. Namun, dengan memilih cetak kemasan, ada beberapa manfaat bagi bisnis Anda. Ini dia manfaatnya:

1.Membangun Kepercayaan Target Market

Manfaat yang pertama, bisnis Anda akan dikenal dan memberikan kesan profesional di mata konsumen dan target market Anda. Misalnya Anda memiliki bisnis cemilan, dengan memutuskan untuk cetak plastik kemasan snack, hal ini akan membantu membangun kepercayaan dan memberikan kesan bahwa produk cemilan Anda dihasilkan dengan standard kualitas yang baik.

2. Identitas Merk

Cetak kemasan memungkinkan Anda untuk menempelkan identitas produk Anda, seperti logo, nama merk, dan elemen desain lainnya. Mencantumkan identitas merk membantu target market dan konsumen mengetahui dan mengenal produk Anda lebih mudah.

3. Informasi Produk yang Jelas

Memilih untuk melakukan cetak kemasan sendiri juga membantu Anda untuk mencantumkan informasi produk, seperti daftar bahan, tanggal produksi, tanggal kadaluarsa, lokasi produksi, tips penyimpanan, hingga tips penggunaan/cara makan. Semakin jelas dan detail informasi yang ditampilkan, semakin besar kepercayaan konsumen terhadap produk Anda.

4. Sarana Promodi dan Branding

Banyak pemilik bisnis rumahan memilih untuk menggunakan cetak kemasan untuk vermak kemasan produk mereka. Biasanya, kemasan dibuat dengan desain yang sesuai dengan identitas bisnis dan jenis produk yang dijual. Misalnya, produk cemilan menggunakan standing pouch, produk minuman menggunakan gelas plastic cup. Nah, cetak kemasan digunakan oleh para pemilik bisnis untuk alat pemasaran untuk mempromosikan produknya.

“Oke, sepertinya cetak kemasan sendiri lebih menarik. Lalu, apa yang harus saya lakukan sebelum cetak kemasan sendiri untuk produk saya”

Jika Anda sudah yakin dan berpikir bahwa cetak kemasan merupakan yang paling pas dan cocok dengan produk Anda, berikut ini merupakan langkah yang bisa Anda lakukan sebelum memutuskan untuk melakukan cetak kemasan:

1.Tentukan Anggaran

Tentukan anggaran Anda untuk cetak kemasan. Ada beberapa opsi mengenai harga cetak kemasan maakanan yang tersedia, mulai dari kemasan yang sederhana hingga yang lebih kompleks dengan fitur-fitur khusus. Anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan dan jenis produk makanan yang hendak Anda kemas.

2. Desain Kemasan

Berikutnya, tentukan dulu desain yang hendak Anda cetak. Anda bisa mulai riset kemasan terbaik untuk produk yang Anda jual. Misalnya, Anda menjual produk olahan susu rumahan, nah lakukanlah riset mengenai jenis kemasan terbaik untuk produk tersebut. Jangan sampai Anda salah pilih kemasan. Salah kemasan bisa membuat produk tidak efektif disimpan di dalamnya, sehingga kualitasnya bisa menurun.

3. Ukuran dan Spesifikasi

Kemudian, Anda juga wajib menentukan ukuran kemasan. Ukuran kemasan juga akan berpengaruh terhadap harga jual produk Anda. Hitung juga margin keuntungan jika Anda menggunakan ukuran kemasan tertentu.

Bingung mau cetak kemasan di mana?

Anda memutuskan untuk melakukan cetak kemasan, tapi Anda bingung mau cetak di mana?

Tenang…..!!!

Manuva siap membantu mencetak kemasan impian Anda. Anda bisa melakukan kustomisasi produk kemasan makanan seperti kotak makan plastik atau paper bowl terlihat lebih menarik dan menjual. Kustomisasikan kemasan sesuai dengan identitas bisnis Anda bersama Manuva sekarang, yuk!