Tahukah Anda bahwa kemasan merupakan salah satu elemen penting dalam sebuah bisnis? Apapun jenis bisnisnya, kemasan memegang peran penting agar meningkatkan penjualan. Tidak hanya itu, kemasan juga digunakan sebagai salah satu strategi dalam melawan kompetitor. Di sinilah perusahaan supply chain memegang peran penting untuk menyediakan dan memenuhi kebutuhan akan permintaan kemasan yang unik, menarik dan juga berkualitas.

Mengapa Kemasan Penting?

Kemasan merupakan salah satu elemen penting dalam berbisnis. Kemasan merupakan hal pertama yang dilihat oleh konsumen ketika Anda memperkenalkan sebuah produk. Semakin menarik tampilan sebuah kemasan, semakin berpotensi menarik perhatian target audience untuk membeli produk yang Anda tawarkan. Tidak hanya soal penampilan, sebuah kemasan juga harus memiliki kualitas yang baik.

Perlu diketahui, bahwasanya perusahaan-perusahaan yang memproduksi barang, fast-moving consumer goods, atau produk lain pada umumnya tidak memproduksi kemasan sendiri. Perusahaan-perusahaan ini akan memesan dari produsen kemasan untuk mengemas produknya.

Kemasan yang dimaksud ini adalah kotak kardus yang dipakai untuk mengemas produk dalam jumlah tertentu. Kemasan yang kuat dan tahan banting untuk memastikan produk tersimpan dengan aman, terutama karena produk tersebut akan didistribusikan lagi ke beberapa area untuk kemudian dijual.

Baca juga: 4 Tips Pengemasan Produk yang Efektif

Kemasan Plastik Merupakan Salah Satu Kemasan Primadona

Terdapat banyak jenis kemasan yang beredar di pasaran, mulai dari yang berbahan dasar food grade paper, greyboard hingga berbahan dasar plastik. Kemasan berbahan dasar plastik merupakan salah satu jenis kemasan yang memiliki permintaan yang cukup besar. Bahan dasar plastik yang memiliki ketahanan yang baik dan awet merupakan salah satu faktor yang membuat kemasan plastik masih banyak digunakan.

Salah satu kemasan berbahan dasar plastik adalah cup gelas plastik. Kemasan ini biasanya digunakan sebagai kemasan untuk minuman. Selain karena ketahanannya, kemasan ini juga memiliki desain yang pas di genggaman serta ergonomis sehingga memudahkan ketika dibawa kemanapun.

Yang membuat gelas plastik banyak dipilih adalah karena harga gelas plastik yang sangat terjangkau namun memiliki kualitas yang sangat bagus. Selain gelas plastik, terdapat juga kemasan lainnya yang sering digunakan, seperti food pail, lunch box, plastik polymailer hingga plastic bag.

Strategi Pengadaan Kemasan

Ini sebabnya, kemasan (kotak kardus) punya peranan yang penting dalam memastikan rantai pasokan berjalan lancar. Jika menggunakan kemasan yang berkualitas rendah, cepat rusak atau mudah ditembus air, maka kemasan tersebut akan membuat produk rusak. Saat produk rusak, permintaan konsumen di pasar tidak dapat dipenuhi. Dengan kata lain, rantai pasokan jadi terganggu. Untuk itu, dibutuhkan strategi dalam pengadaan kemasan.

Memberi Tawaran Kemasan Lebih Rendah

Di tengah situasi pandemi COVID-19 yang tidak menguntungkan ini, tidak hanya perusahaan produsen kemasan saja yang sedang berhemat, perusahaan produsen barang pun demikian. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Global Deloitte, 78% perusahaan memiliki prioritas untuk menekan biaya di saat-saat mendesak seperti pandemi ini.

Oleh sebab itu, salah satu opsi yang bisa diambil oleh perusahaan produsen barang ini adalah efisiensi biaya kemasan. Bid lower to win longer. Memberi harga yang lebih rendah dari kebanyakan produsen kemasan akan membuat lebih banyak perusahaan produsen tertarik memesan. Dengan begini, kesempatan perusahaan kemasan bertahan lebih lama pun semakin besar. Seiring keadaan semakin membaik, perusahaan bisa mengembalikan harga produk kemasan secara bertahap ke harga aslinya.

Efisiensi Pengemasan

Karena strategi penurunan harga tawaran sudah diambil, berikutnya yang harus dilakukan oleh perusahaan produsen kemasan adalah melakukan efisiensi. Efisiensi dapat dimulai dengan desain ulang kemasan agar jadi lebih minimalis untuk menekan biaya, termasuk mencoba mencari vendor potensial baru dengan material dan harga yang lebih baik.

Efisiensi dalam pengepakan produk kemasan dan distribusi juga perlu. Perbanyak jumlah produk dalam satu pak untuk berhemat. Pertimbangkan juga peti pengemas produk kemasan yang bisa dipakai dengan sistem refill. Dengan begini, biaya pengemasan bisa semakin ditekan.

Menghindari Kehabisan Stok

Penting agar perusahaan tidak sampai kehabisan stok. Perusahaan produsen kemasan perlu mempertimbangkan teknologi produksi kemasan otomatis. Dengan begini, proses produksi bisa dilakukan lebih cepat, lebih akurat, dan menghasilkan produk kemasan yang konsisten pula. Selain itu, teknologi ini juga berpotensi mengurangi penggunaan tenaga kerja di pabrik.

Saat perusahaan memastikan produk selalu ada, kondisi seperti permintaan penambahan kuantiti bisa diatasi saat itu juga karena jumlah stok yang memungkinkan. Perusahaan juga dapat menghindari produksi dadakan yang tentunya akan lebih memakan biaya.

Salah satu jenis kemasan yang selalu mengalami permintaan yang tinggi adalah plastik polymailer. Kemasan ini banyak dibutuhkan sebagai kemasan pelindung produk, khususnya produk pengiriman dengan jasa ekspedisi.

Membangun Kemitraan

Strategi terakhir yang dapat dilakukan adalah membangun kemitraan yang baik, baik itu dengan vendor pemasok bahan material produksi, sampai relasi dengan pelanggan dan potential customers lainnya. Relasi yang baik dapat menjamin iklim bisnis yang baik pula.

Cara yang ampuh untuk membangun kemitraan dengan pihak-pihak yang berkaitan dengan lingkup bisnis adalah dengan menjadi rekanan yang loyal. Loyal di sini berarti tidak merugikan pihak lain dalam ekosistem bisnis demi mendapatkan keuntungan sendiri. Terutama di saat-saat sulit seperti pandemi ini.

Dengan menjadi loyal, perusahaan, vendor, dan konsumen dapat bekerja sama untuk membangun kembali rantai pasokan, memperbaiki ekosistem bisnis yang terganggu karena pandemi. Sama-sama bangkit di saat-saat sulit.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Box Makanan untuk Setiap Jenis Kuliner

Itulah strategi pengadaan kemasan yang bisa digunakan untuk mempertahankan rantai pasokan (supply chain). Sejatinya, industri supply chain memainkan peran penting mengenai pengelolaan dan pengadaan kemasan di tengah semakin tingginya kebutuhan akan kemasan.


Manuva sebagai salah satu perusahaan supply chain telah berpengalaman dalam membantu menjembatani antara perusahaan dan pemilik industri percetakan. Dengan jaminan kualitas kemasan, transparansi dan harga yang terjangkau, Manuva merupakan pilihan yang tepat untuk membantu Anda dalam proses pengadaan kemasan. Segera hubungi Tim Tele Manuva dan bangun kesuksesan Anda.