Kemasan merupakan salah satu elemen pertama yang dilihat ketika konsumen hendak membeli sebuah produk. Semakin menarik kemasan yang dibuat, semakin berpotensi konsumen akan produk tersebut. Oleh karena itu, sebagai pelaku bisnis, menyediakan kemasan yang menarik sangat penting. Salah satu jenis kemasan yang bisa Anda buat adalah kardus custom.

Banyak owner bisnis yang berusaha untuk menghadirkan kemasan yang unik agar konsumen dan calon konsumen tertarik membeli produknya. Secara psikologis, masyarakat akan membeli dan menggunakan sebuah barang yang tampak berbeda dari kebanyakan orang. Ada kesan unik dan spesial ketika seseorang membeli sebuah produk yang dikemas dengan keunikan tersendiri.

Baca juga: Selain Flyer, Ini 4 Cara Pemasaran Produk yang Efektif

Hal yang biasa dilakukan oleh pebisnis ketika menghadirkan sebuah kemasan yang unik dan menarik adalah dengan melakukan kustomisasi kemasan. Kemasan yang dikustomisasi akan terlihat jauh lebih menarik, berwarna, unik dan modern dibandingkan dengan kemasan yang dicetak dengan desain default. Salah satu jenis packaging yang dikustomisasi adalah box.

Kardus custom biasa digunakan sebagai medium packaging berupa produk elektronik, produk makanan, produk pakaian, produk otomotif hingga produk dan barang ekspedisi yang akan dikirim ke luar kota hingga luar pulau.

Mengapa Kardus Custom Penting?

Kemasan kardus memiliki bentuk kotak kubus dengan warna default coklat. Meskipun kardus ini menggunakan bahan dasar kertas karton yang kuat dan berkualitas, namun desain dan warna default kardus ini terlihat kurang menarik sehingga banyak pelaku bisnis yang melakukan kustomisasi terhadap kardus kemasannya.

Namun begitu, masih ada beberapa pelaku bisnis yang enggan melakukan kustomisasi karena masih menganggap bahwa kustomisasi merupakan hal yang mubazir dan buang-buang uang. Padahal, melakukan kustomisasi bisa dianggap sebagai investasi terhadap kemasan produk Anda.

Maksudnya, Anda mungkin akan mengeluarkan budget lebih untuk melakukan kustomisasi. Namun, kemasan yang dikustomisasi berpotensi meningkatkan penjualan berkali-kali lipat sehingga keuntungan Anda pun akan meningkat. Tentunya, kustomisasi kemasan bukan satu-satunya cara meningkatkan penjualan yang Anda harus lakukan. Jangan lupakan strategi marketing seperti memasang iklan di sosial media, memposting konten yang menarik dan membuat copy yang membuat orang tertarik untuk membeli produk Anda.

Manfaat Menggunakan Kardus Custom untuk Produk Anda

Terdapat beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika Anda melakukan kustomisasi terhadap kemasan, khususnya kardus. Mengetahui manfaat berikut mungkin bisa membantu Anda dalam memutuskan apakah benar-benar perlu melakukan kustomisasi atau tidak.

1. Lebih Dikenal Masyarakat

Manfaat ini tentu jelas, sebuah brand yang menggunakan kemasan yang dikustomisasi akan jauh lebih dikenal masyarakat dibandingkan dengan yang tidak. Semakin produk dari brand Anda dikenal masyarakat, semakin besar potensi peningkatan penjualan produk Anda.

2. Memperpanjang Ketahanan Kemasan

Kardus yang dikustomisasi akan dilapisi lapisan tambahan baik berupa cat maupun kertas laminasi sehingga bagian luar kardus tidak akan mudah rusak dan dapat melindungi produk di dalamnya. Berbeda dengan kardus yang dikustomisasi, kardus standar tidak dilapisi apapun sehingga rentan rusak ketika terkena cipratan cairan atau benturan.

3. Sebagai Strategi Pemasaran

Kardus yang dikustomisasi memang merupakan salah satu cara menjalankan strategi pemasaran yang mumpuni. Selain produk Anda akan lebih dikenal, produk Anda akan lebih dilirik oleh calon konsumen karena memberikan keunikan tersendiri melalui kemasan kardus yang dikustomisasi.

Tips Menentukan Kardus Custom Dengan Baik

Terdapat beberapa tips yang bisa Anda lakukan dan pikirkan sebelum Anda memutuskan untuk melakukan dan membuat kardus custom. Tips ini penting untuk dilakukan agar budget yang Anda keluarkan untuk kustomisasi tidak sia-sia sehingga kemasan didesain tepat sasaran dan pas dengan produk yang Anda jual.

  • Siapkan Desain

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menyediakan desain kardus custom. Tentukan jenis produk apa yang hendak dikemas dengan kemasan kustomisasi. Anda bisa melakukan pengukuran dan pemilihan desain yang sesuai dengan jenis produk yang Anda pilih. Lakukan pengukuran dengan cermat dan jangan sampai salah.

  • Berikan Logo dan Slogan Unik

Setelah desain sudah dibentuk, jangan lupa untuk mempersiapkan logo dari brand Anda. Buatlah sebuah logo yang merepresentasikan value dari brand Anda. Tidak lupa, sisipkan sebuah frasa atau slogan agar brand Anda semakin dikenal orang banyak. Agar kemasan kardus semakin unik, Anda juga harus memikirkan tentang positioning logo di dalam kemasan sehingga logo brand mudah dilihat.

Baca juga: Contoh Desain Box Packaging yang Aman dan Keren

Manuva siap membantu Anda dalam menyediakan kardus custom berkualitas sesuai dengan bisnis Anda. Dibuat dengan bahan dasar berkualitas, kami memastikan produk Anda terlindungi dengan baik. Hubungi Tim Tele Manuva sekarang dan tingkatkan penjualan Anda.