Pernahkah Anda melihat tumpukan kardus box yang tidak terpakai di pinggir jalan? Atau bahkan Anda memiliki beberapa kardus kemasan bekas yang tidak tahu harus diapakan dan dikemanakan untuk mengelolanya? Mengolah sampah kardus sangatlah penting. Apalagi jika Anda tidak memiliki ruangan yang cukup untuk menampungnya.

Sayangnya, belum banyak orang yang tahu bagaimana cara mengolah sampah kemasan menjadi barang yang berguna. Sampah kardus sebagian besar berakhir di tempat pembuangan sampah begitu saja. Padahal, jika dikelola, kemasan kardus bisa menjadi barang yang bermanfaat, lho.

Pentingnya Mengelola Kardus Box

Seiring semakin memburuknya krisis iklim, penanggulangan sampah menjadi sangat penting untuk dilakukan. Namun sayangnya, kegiatan penting itu tidak dilakukan secara masif. Padahal, jika dilakukan dengan baik dan benar, penanggulangan sampah tidak saja dapat membantu melawan kerusakan alam, namun juga bisa menghasilkan uang bagi masyarakat yang diberdayakan.

Salah satu jenis sampah yang bisa didaur ulang adalah kardus. Kemasan ini berbahan dasar kertas kayu yang membuatnya mudah didaur ulang serta ramah terhadap lingkungan. Jika dibandingkan dengan kemasan lain, mungkin kardus kurang mudah dibawa kemanapun karena ukurannya yang relatif besar dan bobotnya lumayan berat.

Baca juga: Pentingnya Material Food Grade dalam Kemasan Makanan

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengelola limbah kardus box. Salah satunya dengan memakai atau menggunakannya kembali. Namun, ada cara yang lebih kreatif. Cara tersebut membuat kardus box bisa kembali digunakan dan bahkan bisa dijual sebagai produk daur ulang. Fungsinya tidak berubah sebagai layaknya sebuah kemasan sebelumnya.

Mengelola limbah merupakan hal penting. Hal ini perlu dilakukan demi mengurangi dampak kerusakan alam akibat limbah. Terlebih sekarang kerusakan alam sudah semakin parah.

Sayangnya, kepedulian masyarakat terhadap bahaya limbah masih kurang. Edukasi mengenai cara mengelola limbah yang baik pun tidak masif dilakukan. Akibatnya, banyak sampah yang tidak dikelola.

Padahal, jika limbah dikelola dengan baik, tidak hanya membantu melawan limbah perusak alam tersebut. Namun juga bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan barang cantik. Bahkan bisa menghasilkan keuntungan.

Jenis Kardus Box yang Bisa Di-Reuse

Terdapat banyak jenis kemasan kardus box yang beredar dengan berbagai kegunaannya. Biasanya, para pemilik bisnis menggunakan kardus sebagai medium kemas dan pelindung produk sedangkan masyarakat umum menggunakannya sebagai medium penyimpanan barang-barang harian. Kegunaan kardus umumnya dibedakan dengan jenis-jenisnya. Berikut merupakan jenis-jenis box yang beredar dan di-reuse.

Karton Box

Kardus box merupakan salah satu jenis box yang umum di-reuse ketika tidak digunakan lagi. Berbahan dasar kertas karton membuat kemasan ini mudah diurai karena ramah lingkungan. Biasanya, kemasan ini juga umum digunakan sebagai medium penyimpanan di gudang oleh masyarakat.

Corrugated Box

Corrugated box merupakan kemasan kardus yang biasa digunakan sebagai medium kemas produk berupa makanan hingga kebutuhan sehari-hari. Kardus ini memiliki ciri khas, yaitu adanya tiga lapis bahan pada lapisan materialnya. Satu lapisan di tengah yang berbentuk bergelombang diapit oleh dua lapisan lainnya. Jenis lapisannya pun berbeda-beda, mulai dari yang tipis hingga yang cukup tebal.

Custom Box

Kardus custom box sejatinya adalah segala jenis kardus yang dikustomisasi. Biasanya, custom box di-reuse ketika sudah tidak digunakan lagi atau hendak dialihfungsikan sebagai medium lainnya. Karena custom box memiliki penampilan yang lebih unik dibandingkan dengan kardus jenis lainnya, biasanya kardus ini sering diubah menjadi barang lainnya seperti tas, rak buku, dan kerajinan tangan lainnya.

Packaging Box

Packaging box memiliki lapisan yang relatif tebal dibandingkan kardus corrugated. Biasanya, jenis kardus ini sering digunakan sebagai medium penyimpanan untuk barang ekspedisi. Karenanya, kardus ini memiliki ketahanan yang baik dan lapisan yang tebal sehingga barang ekspedisi dapat dilindungi selama proses pengiriman.

Baca juga: Paper Bag, Lebih dari Sekadar Tas Kemasan Pengganti Kantong Plastik

Rekomendasi Mengolah Kardus Box Bekas

Mengelola limbah kardus box tidak harus menggunakan peralatan canggih atau cara yang susah. Mengelola limbah bisa dilakukan dengan cara sederhana di rumah. Jika Anda memiliki limbah kardus box di rumah, Anda bisa menyimak beberapa rekomendasi cara kreatif mengolah limbah kardus tersebut.

Tas Unik

Anda memiliki kardus bekas di rumah? Jangan dibuang dulu. Anda bisa mengolahnya menjadi tas unik nan cantik. Untuk mengolahnya menjadi tas, bahan yang perlu Anda butuhkan hanya sebuah gunting, pita, cat air dan tali. Kardus bekas yang tadinya terlihat polos, lusuh dan tidak terpakai bisa Anda gunakan sebagai pengganti plastik kemasan ketika Anda berbelanja kebutuhan sehari-hari.

Hiasan

Cara kedua yang bisa Anda lakukan dengan kardus bekas adalah mengubahnya menjadi hiasan. Hiasan dari kardus memang unik. Anda bisa meletakkannya sebagai gantungan di pintu, di dinding atau hiasan gantung. Untuk membuat hiasan dari kardus, siapkan terlebih dahulu pola di sebuah kertas. Buat pola semenarik mungkin. Setelah pola dibuat, potong kardus sesuai pola. Setelah dipotong, kaitkan satu sama lain menggunakan tali. Hiasan pun jadi!

Pupuk

Limbah kardus pada dasarnya merupakan limbah yang ramah lingkungan. Bahkan, limbah kardus bisa Anda jadikan sebagai pupuk. Namun, limbah kardus tidak bisa dijadikan pupuk utama. Artinya, Anda tetap memerlukan pupuk asli. Gunakan kardus yang dibasahi, kemudian dicampur dengan pupuk tersebut. Limbah kardus membantu proses penyuburan tanah. Namun, pastika material plastik di kardus tidak ada.

Rak Buku

Cara kreatif berikutnya adalah dengan menjadikan kardus box sebagai rak buku. Kardus bisa menjadi sekat pemisah antara jenis buku sehingga buku-buku Anda tertata rapi. Caranya, potong bagian atas kardus sehingga tidak ada bagian penutupnya, kemudian jejerkan beberapa kardus dan tempel dengan lem. Agar terlihat lebih menarik, Anda bisa mengecat kardus dengan cat kertas atau menempelkan kertas kado atau kertas berwarna agar lebih unik. Rak buku dari kardus pun jadi!

Demikianlah ulasan mengenai jenis kardus box dan bagaimana cara untuk melakukan reuse guna mengurangi limbahnya. Sejatinya, melakukan reuse kardus membantu mengurangi limbah di lingkungan.

Anda berminat untuk membuat kardus box? Manuva siap membantu Anda. dengan dukungan banyak vendor, kami siap membantu memenuhi kebutuhan Anda akan kemasan kardus yang berkualitas namun dengan harga terjangkau. Hubungi Tim Tele Manuva sekarang, yuk!