Bagi Anda pemilik agen kemasan, mungkin Anda sudah sangat familiar dengan corrugated box atau kardus. Kardus memiliki banyak kegunaan, mulai dari sebagai medium packaging sebuah produk hingga medium penampung sementara kebutuhan sehari-hari. Kardus juga memiliki ketahanan yang bagus dalam menjaga produk di dalamnya. Tidak heran, medium ini digunakan di banyak aktivitas.

Berbicara mengenai ketahanan corrugated box, tahukah Anda bahwa di lapisan medium packaging tersebut terdapat sebuah bagian yang dinamakan flute. Bagian ini memiliki peranan penting dalam menghasilkan ketahanan pada kardus. Sebelum membahas lebih jauh mengenai flute, ada baiknya Anda mengetahui apa itu corrugated box.

Apa Itu Corrugated Box?

Corrugated box merupakan sebuah kardus berbahan dasar kertas kraft liner. Kardus ini memiliki desain persegi panjang dengan bagian penutup dengan konsep lipa tumpang tindih pada bagian atas dan bawah. Umumnya, kardus ini digunakan sebagai medium packaging produk sehari-hari, hingga packaging ekspedisi untuk produk tertentu.

Warna dasar corrugated box biasanya adalah coklat. Warna ini merupakan warna alami dari bahan dasar kardus tersebut, yaitu kertas kraft liner. Warna tersebut membuat kesan elegan dan vintage pada medium packaging tersebut.

Dibandingkan dengan kardus jenis lain, terdapat beberapa kelebihan yang dimiliki oleh corrugated box. Beberapa di antaranya adalah relatif lebih kuat, lebih mampu menjaga keamanan produk dan lebih banyak menampung produk di dalamnya.

Lapisan Flute pada Corrugated Box

Yang membedakan kardus corrugated box dengan kardus jenis lainnya adalah pada lapisannya. Lapisan corrugated box terdiri dari tiga lapisan. Ketiga lapisan tersebut terdiri dari dua lapisan luar dan satu bagian di tengah yang menghubungkan kedua lapisan luar tersebut. Lapisan di tengah tersebut memiliki bentuk berupa lapisan bergelombang yang menahan kedua lapisan luar.

Adanya flute dapat menentukan seberapa kuat lapisan corrugated box. Flute memiliki beberapa jenis yang terdiri dari lapisan A hingga lapisan F. Lapisan A merupakan jenis flute dengan ketahanan paling kuat dan paling besar gelombangnya sedangkan lapisan F merupakan sebaliknya.

Baca juga: 4 Cara Kreatif Reuse Kardus Box

Jenis Lapisan Flute pada Corrugated Box

Ditinjau dari jenis lapisannya, corrugated box dibagi menjadi dua jenis, yaitu single wall dan double wall.

1. Single Wall

Corrugated box dengan lapisan single wall terdiri dari dua lapisan luar dan satu bagian flute pada bagian tengahnya. Lapisan single wall memiliki ketebalan maksimal berkisar pada 5 mm. Bisa dikatakan bahwa kardus dengan lapisan single wall memiliki ketahanan yang kurang begitu kuat sehingga umumnya kardus single wall dijadikan medium kemasan produk berupa mainan anak, elektronik ringan, perabotan rumah tangga ringan, dan produk ringan lainnya.

2. Double Wall

Lapisan double wall terdiri dari 5 lapisan yang terdiri dari dua lapisan single wall yang ditumpuk menjadi satu bagian lapisan. Mengenai ketahanan, dengan ketebalan maksimal sampai 7 mm, tentu double wall memiliki ketahanan yang sangat bagus dibandingkan dengan single wall. Oleh karena itu, corrugated box dengan double wall lebih banyak digunakan sebagai medium kemasan produk berat seperti elektronik besar, produk yang dikirim ekspedisi, dan produk berat lainnya.

Kegunaan Flute

Flute merupakan sebuah lapisan bergelombang yang memisahkan antara kedua lapisan luar pada corrugated box. Lapisan flute pada dasarnya berfungsi sebagai penahan dari lapisan luar ketika adanya tekanan pada badan kardus.

Fungsi penahan inilah yang membuat corrugated box cenderung kuat dibandingkan dengan kardus lainnya. Flute sendiri memiliki beberapa jenis. Semakin besar flute semakin bagus dalam menahan tekanan. Sebaliknya, flute berukuran kecil lebih lemah terhadap tekanan. Kardus dengan flute berukuran besar lebih pas digunakan sebagai medium packaging produk besar seperti televisi, kulkas, produk otomotif besar, hingga produk yang dikirim pada ekspedisi pengiriman.

Baca Juga: 6 Alasan Harus Pilih Custom Packaging Murah bagi Bisnis Anda

Demikianlah pembahasan mengenai kegunaan flute pada corrugated box. Pada dasarnya, setiap jenis kardus memiliki flute yang berbeda-beda. Semakin besar ukuran flute, semakin kuat kardus tersebut.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan corrugated box, Manuva siap membantu Anda untuk menyediakan pasokan kardus tersebut. Segera hubungi Tim Manuva dan kemas produk Anda dengan corrugated box berkualitas.