Di antara banyaknya jenis kemasan makanan, kemasan aluminium foil merupakan salah satu yang populer digunakan. Soal ketahanan dan keamanan, kemasan ini tidak perlu diragukan lagi.

Siapa yang gak tau kemasan aluminium foil? Kemasan unik ini cukup populer digunakan untuk mengemas makanan ringan dan cemilan. Di antara banyaknya jenis kemasan, kenapa kemasan aluminium foil yang dipilih, ya?

Sebenarnya ada banyak faktor yang membuat kenapa kemasan ini dipilih. Selain desain, kemasan aluminium foil juga semakin terjangkau. Banyak pemilik bisnis kemasan yang memilih kemasan ini untuk mengemas produk makanannya.

Baca juga: Kemasan Makanan Plastik vs Kemasan Konvensional: Mana yang Lebih Unggul?

Kemasan aluminium foil adalah sebuah kemasan yang terbuat dari bahan foil aluminium. Bahan aluminium foil adalah lembaran tipis dari logam aluminium yang sangat fleksibel dan mudah dibentuk.

Kemasan aluminium foil sering digunakan untuk melindungi makanan, minuman, produk farmasi, dan berbagai jenis makanan atau minuman lainnya dari paparan cahaya, udara, kelembaban, dan kontaminasi zat eksternal lainnya yang bisa mengubah kualitas produk makanan/minuman di dalam kemasan.

Soal kualitas, kemasan ini tidak perlu diragukan lagi. Kemasan ini mampu melindungi makanan dan minuman di dalamnya. Selain bisa melindungi, kemasan ini juga memiliki desain yang menarik.

Alasan Anda harus Menggunakan Kemasan Aluminium Foil

Dibandingkan dengan kemasan lainnya, kemasan aluminium foil memiliki beberapa kelebihan. Selain bisa digunakan untuk keperluan bisnis, Anda juga bisa menggunakan kemasan ini untuk keperluan sehari-hari, lho!

Perlindungan Terhadap Kontaminasi

Aluminium foil menawarkan lapisan pelindung yang sangat baik. Makanan Anda dapat terlindungi dari kontaminasi mikroba, kotoran, dan partikel lainnya dari lingkungan luar. Kemasan ini membantu menjaga kesegaran dan kualitas produk yang dikemas di dalamnya dengan sangat baik.

Kemampuan Mencegah Masuknya Udara dan Cahaya

Kemasan aluminium foil memiliki kemampuan penghalang udara dan cahaya yang sangat baik. Makanan terlindungi dari kontaminasi udara, kelembaban, sinar UV, dan cahaya yang berpotensi merusak kualitas makanan. Lapisan aluminium foil mencegah terjadinya proses oksidasi dan kerusakan dari pengaruh lingkungan. Jadi, kualitas makanan tetap terjaga dengan baik.

Tahan Panas dan Dingin

Aluminium foil terkenal soal ketahanannya dari suhu panas dan dingin ekstrim. Kemasan ini juga merupakan kemasan yang efektif untuk membungkus dan mengemas makanan panas dan dingin. Suhu menjadi lebih stabil dan terjaga sehingga kesegaran makanan masih sempurna.

Kuat dan Fleksibel

Kemasan aluminium foil dikenal karena kekuatannya dalam menjaga makanan yang ada di dalamnya. Artinya, makanan dan minuman akan terlindungi dari zat, udara, atau cahaya luar, bahkan suhu ekstrim sekalipun. Selain itu, kemasan ini juga memiliki desain yang ergonomis, memudahkan dibawa kemana pun dan kapan pun.

Bisa Didaur Ulang

Bahan aluminium foil dikenal mampu didaur ulang. Hal ini membuat kemasan aluminium foil dapat didaur ulang setelah dibuang di tempat pembuangan akhir. Kemampuan ini membantu pengurangan limbah kemasan di lingkungan.

Dapat Dipanaskan

Kelebihan kemasan ini adalah kemampuannya untuk menyimpan makanan di suhu ekstrim. Sehingga, kemasan ini bisa digunakan untuk memanaskan makanan seperti frozen food tanpa harus mengeluarkan makanan dari kemasan.

Praktis

Kemasan aluminium foil memiliki bagian bawah yang rata. Sehingga, kemasan bisa diposisikan dalam keadaan berdiri. Hal ini membuat kemasan ini praktis untuk dipajang di etalase atau meja. Kemasan ini cocok untuk Anda yang memiliki bisnis cemilan atau makanan ringan.

Bebas dari Bahan Berbahaya

Kemasan ini memiliki standard food grade. Artinya, kemasan ini aman saat digunakan untuk mengemas makanan. Bahkan kemasan ini juga aman saat dipanaskan. Makanan tidak akan terkontaminasi dengan zat berbahaya yang terkandung di bahan dasar kemasan.

Punya Bisnis Makanan Ringan? Gunakan Saja Kemasan Ini

Saat ini, ada banyak jenis kemasan makanan yang beredar di pasaran. Banyaknya pilihan membuat sebagian orang bingung harus menggunakan kemasan yang mana. Jika Anda memiliki bisnis makanan ringan dan cemilan, pertimbangkan untuk menggunakan kemasan aluminium foil.

Baca juga: Panduan Lengkap Memilih Produk Kemasan Berkualitas untuk Makanan Anda

Berikut ini merupakan beberapa jenis makanan ringan yang bisa dikemas menggunakan kemasan aluminium foil.

Kacang Panggang

Kacang panggang adalah makanan ringan yang populer. Makanan ringan ini biasa disajikan di beragam momen. Menggunakan kemasan aluminium foil membantu menjaga kesegaran dan kerenyahannya.

Popcorn

Makanan ini merupakan cemilan yang disukai banyak orang. Kemasan aluminium foil dapat membantu menjaga popcorn tetap segar dan mencegahnya menjadi lembab.

Keripik

Ada banyak jenis keripik, seperti keripik kentang atau keripik singkok yang cocok dikemas menggunakan kemasan aluminium foil. Kemasan ini dapat menjaga rasa dan tekstur keripik yang renyah sehingga keripik masih layak makan meskipun disimpan di dalam kemasan dalam jangka waktu yang relatif lama.

Coklat dan Permen

Coklat batang, permen, atau coklat keping bisa dikemas dalam kemasan aluminium foil untuk melindungi dari cahaya dan udara. Sehingga tetap segar dan tidak meleleh.

Biskuit

Biskuit atau kue kering lainnya bisa disimpan dengan baik di dalam kemasan aluminium foil. Lapisan kemasan yang kedap udara membuat kerenyahan biskuit tetap terjaga dengan baik.

Biji-bijian

Biji bunga matahari, biji labu, atau biji-bijian lainnya bisa dikemas dalam aluminium foil untuk menjaga kebersihan dan kualitas gizi.

Coklat Panas

Beberapa varian coklat panas atau cocoa mix juga bisa dikemas dalam kemasan aluminium foil, terutama jika dikemas dalam bentuk sachet.

Makanan Siap Saji

Beberapa jenis makanan siap saji, seperti roti isi atau hidangan lainnya, juga bisa dikemas dalam aluminium foil. Kemasan ini mampu melindungi hidangan dari kontaminasi zat berbahaya dan mempertahankan kualitasnya.

Demikianlah pembahasan mengenai perlu menggunakan kemasan aluminium foil sebagai medium kemas makanan Anda. Apapun kebutuhan Anda, baik kebutuhan bisnis maupun kebutuhan sehari-hari, aluminium foil bisa diandalkan untuk menyimpan dan menjaga kesegaran makanan Anda.

Anda bingung di mana mendapatkan kemasan aluminium foil dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau? Manuva siap membantu memenuhi kebutuhan Anda akan kemasan aluminium foil. Soal kualitas, tidak perlu diragukan lagi.

Kunjungi website Manuva dan pilih beragam jenis kemasan lainnya sesuai kebutuhan Anda.