Inovasi di bidang kemasan terus dilakukan. Hal ini dimaksudkan agar tercipta sebuah kemasan yang mampu mengganti kantong plastik. Apalagi di era sekarang di mana kampanye mengenai krisis iklim terus dilakukan sehingga membuat permintaan akan kemasan yang ramah lingkungan semakin besar.

Kemasan yang ramah lingkungan tidak hanya membantu melawan limbah, tetapi juga membuat keberlangsungan sebuah bisnis menjadi lebih baik. Pasalnya, kemasan ramah lingkungan tidak hanya berbahan dasar material mudah terurai, tetapi juga memiliki desain yang menarik dan modern.

Salah satu kemasan packaging yang sedang diminati adalah paper bag. Kemasan ini sejatinya sudah lama muncul di pasaran. Namun, banyak pemilik usaha yang beralih untuk mulai menggunakan paper bag sebagai medium kemas produk yang mereka tawarkan.

Apa Itu Paper Bag?

Paper bag merupakan sebuah kemasan packaging berbentuk tas dengan bahan dasar kertas berkualitas. Tas ini awalnya populer sebagai kemasan produk berupa kado, souvenir hingga elektronik. Namun, seiring berjalannya waktu, banyak owner bisnis lain yang beralih menggunakan tas ini.

Paper bag berbahan dasar kertas berkualitas yang memiliki ketahanan yang bagus dan baik. Anda tidak perlu khawatir jika kertas yang digunakan sebagai bahan dasar tas ini akan mudah rusak dan tidak tahan lama. Pasalnya, kertas yang digunakan adalah kertas berkualitas yang memiliki lapisan tebal.

Karena memiliki ketahanan yang baik, paper bag bisa digunakan sebagai kemasan packaging pengganti kantong plastik. Selain desainnya yang menarik dan modern, tas ini juga bisa digunakan sebagai medium promosi yang digunakan oleh sebuah brand. Ukurannya yang variatif membuat Anda memiliki banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan jenis produk yang Anda tawarkan.

Jenis-Jenis Bahan Dasar Paper Bag

Terdapat beberapa jenis kertas yang digunakan sebagai bahan dasar paper bag. Mulai dari lapisan yang paling tebal hingga kertas dengan permukaan yang halus. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan produk Anda. Berikut merupakan beberapa jenis bahan dasar yang digunakan sebagai bahan dasar tas kertas.

1. Kertas Kraft

Jenis kertas ini merupakan bahan dasar yang paling sering digunakan sebagai bahan dasar paper bag. Kertas ini memiliki warna dasar coklat dengan permukaan yang relatif kasar. Lapisan kertas ini juga cenderung tebal sehingga mampu menahan bebas di dalam tas. Bahan dasar coklat membuat tas kertas memiliki tampilan yang vintage namun modern.

2. Kertas Ivory

Jenis kertas ini memiliki ketebalan yang lebih baik dari kertas kraft. Namun, permukaan kertas ivory lebih licin dibandingkan dengan kertas kraft. Karena memiliki lapisan yang tebal, hal itu membuat tas dengan bahan dasar kertas ivory memiliki bobot yang cenderung lebih berat dibandingkan dengan paper bag berbahan kraft. Warna dasar kertas ivory adalah putih polos sehingga memudahkan Anda ketika hendak melakukan kustomisasi.

3. Kertas Art Paper

Kertas art paper memiliki ketebalan yang relatif lebih tipis dibandingkan dengan kertas ivory. Namun, soal ketahanan, kertas ini tetap memiliki kualitas yang bagus dan baik. Sama seperti kertas ivory, permukaan kertas art paper memiliki warna dasar putih. Permukaan dengan warna dasar putih memudahkan Anda ketika hendak melakukan kustomisasi.

4. Kertas Art Karton

Kertas jenis ini memiliki ketebalan yang paling baik dibandingkan dengan jenis kertas lainnya. Banyak paper bag berbahan dasar kertas art karton digunakan sebagai kemasan untuk produk yang membutuhkan perlindungan dengan baik seperti barang elektronik.

Manfaat Paper Bag untuk Bisnis

Semakin banyak sebuah brand yang beralih menggunakan paper bag untuk kemasan produknya. Baik itu brand besar maupun brand kecil, tas kertas ini memiliki dampak yang positif terhadap bisnis mereka. Setidaknya terdapat beberapa manfaat dari menggunakan kemasan ini.

1. Cetak Paper Bag Semakin Mudah

Berbeda dengan beberapa dekade lalu di mana untuk memproduksi sebuah paper bag, dibutuhkan banyak komponen dan material. Belum lagi harga untuk membuat dan memproduksi kemasan ini relatif mahal. Sekarang, untuk memproduksi dan mencetak paper bag semakin mudah sehingga tidak sulit didapatkan.

2. Sebagai Medium Promosi dan Branding

Desainnya yang menarik dan unik membuat paper bag merupakan salah satu kemasan yang digunakan sebagai medium promosi. Biasanya, ketika sebuah brand baru meluncurkan sebuah produk baru, paper bag digunakan sebagai kemasan agar banyak target market yang tertarik untuk membelinya.

Selain itu, paper bag juga biasa digunakan sebagai instrumen branding dari sebuah brand. Kemasan ini digunakan sebagai unique selling point (USP) yang ditawarkan sebuah brand dibandingkan brand lainnya.

3. Bisa Dikustomisasi

Salah satu alasan kenapa paper bag banyak dipilih adalah adanya pilihan untuk melakukan kustomisasi. Anda bisa mendesain sendiri sesuai dengan tone dan voice yang ingin ditampilkan oleh brand Anda. Kustomisasi juga membuat Anda bisa mendesain ulang sesuai dengan produk yang hendak Anda tawarkan.

4. Bisa Sebagai Paper Bag Makanan

Paper bag memang umumnya diproduksi sebagai kemasan produk. Namun, pada dasarnya, tas kertas ini juga digunakan sebagai kemasan packaging untuk produk makanan. Biasanya, produk makanan yang menggunakan paper bag berupa kue-kue kering, brownies, bolu hingga kue kering cemilan yang tidak memiliki minyak.

Harga Paper Bag

Untuk harga satuan sebuah paper bag, biasanya berkisar antara Rp 700 hingga Rp 5.000 tergantung kualitas dan bagaimana tas ini dikustomisasi. Namun, sebagian besar rumah percetakan jarang yang menyediakan secara satuan. Biasanya, untuk membeli paper bag, Anda diharuskan melakukan pemesanan dalam jumlah besar.

Pemesanan dalam jumlah besar memudahkan percetakan untuk memproduksi paper bag alih-alih dalam bentuk satuan. Selain itu, terdapat potongan harga ketika pesanan dalam jumlah banyak dilakukan. Secara rata-rata, jumlah minimal untuk memesan paper bag di sebuah rumah percetakan adalah sebanyak 500 lembar.

Itulah yang perlu Anda ketahui tentang paper bag. Sebagai salah satu kemasan yang sedang naik daun, tas ini memiliki banyak manfaat yang tidak hanya berguna bagi bisnis Anda, tetapi juga bagi konsumen Anda.

Manuva memiliki pengalaman menjadi partner bisnis ketika sebuah bisnis hendak beralih menggunakan paper bag sebagai salah satu kemasannya. Dengan harga yang bersahabat dan adanya fitur kustomisasi, Anda bisa melakukan dan menentukan desain sendiri sesuai dengan produk yang hendak Anda tawarkan. Hubungi Manuva dan kemas sukses Anda sekarang!