Bisnis makanan merupakan salah satu bidang yang memiliki pangsa pasar yang besar. Karena makan dan minum merupakan kebutuhan primer yang pasti dilakukan oleh manusia. Berbeda dengan kebutuhan sekunder atau tertier yang bisa dipenuhi kapan-kapan dan tidak selalu harus dilakukan.

Selain itu, terdapat inovasi di bidang makanan sehingga banyak bermunculan jenis makanan baru, mulai dari makanan Korea, makanan Jepang hingga makanan daerah yang dikombinasikan dengan cita rasa luar. Kemudian, kemasan makanan juga semakin berkembang dan muncul jenis kemasan baru.

Berangkat dari fakta tersebut, tidak heran banyak owner bisnis yang beralih menjual dan menawarkan produk berupa makanan siap saji. Di era sosial media seperti sekarang, kemasan tidak hanya berfungsi sebagai medium pelindung produk makanan, tetapi juga sebagai medium branding dan promosi. Saat ini semakin lumrah sebuah brand menampilkan kemasan yang menarik dan unik sebagai nilai jual dari produk makanan yang ditawarkan.


Mengapa Kemasan Produk Penting untuk Bisnis Anda?

Terdapat pergeseran fungsi dari sebuah kemasan produk. Sebelumnya, sebuah kemasan hanya berfungsi sebagai medium pelindung dari produk makanan. Kemasan akan melindungi produk dari berbagai macam kotoran, udara kotor dan polusi yang berpotensi merusak kualitas makanan. Tidak hanya untuk produk makanan, tetapi produk lainnya juga, seperti elektronik, pakaian, hingga produk kebutuhan sehari-hari.

Dahulu, sebuah brand kecil menggunakan kemasan hanya untuk pelindung dari produk yang ditawarkan. Kemasan yang menarik dan unik mungkin hanya digunakan oleh sebuah brand besar yang sudah well-establish. Selain membutuhkan banyak uang untuk membuat sebuah kemasan yang menarik, brand besar saat itu sudah memiliki banyak konsumen sehingga mereka mudah ketika memasarkan produk

Seiring berjalannya waktu, peran sebuah kemasan semakin berkembang. Kemasan saat ini sudah multifungsi lebih dari sekadar sebuah medium pelindung dari sebuah produk. Lebih dari itu, kemasan sekarang dibuat dengan fitur kustomisasi sehingga memiliki tampilan yang unik dan eye-catching.

Peran sebuah kemasan sudah bergeser. Tidak lagi hanya sebagai medium pelindung saja, namun juga digunakan sebagai medium branding dan promosi. Sebuah brand menggunakan kemasan yang unik dan dikustomisasi biasanya untuk melakukan diferensiasi dengan produk kompetitor. Kemasan merupakan hal pertama yang dilihat oleh target market. Semakin menarik sebuah kemasan, semakin berpotensi menarik perhatian konsumen. Oleh karena itu, kemasan merupakan salah satu instrumen yang digunakan sebagai diferensiasi terhadap produk kompetitor.

Di era sosial media seperti sekarang, hampir semua brand menjadikan sosial media yang dimiliki sebagai “toko” untuk memajang produknya. Nah, memposting produk makanan dengan kemasan yang menarik semakin sering dilakukan demi menarik perhatian. Karena penampilan di sosial media merupakan hal yang penting. Jika Anda mau bisnis makanan Anda bertahan dan dapat bersaing, menggunakan kemasan produk yang unik bisa menjadi pilihan yang tepat.


Jenis-Jenis Kemasan Produk Kekinian

Jika Anda berencana untuk menggunakan kemasan yang unik dan menarik, terdapat beberapa pilihan kemasan produk kekinian yang bisa Anda pilih. Anda bisa menyesuaikan dengan produk makanan yang Anda tawarkan sehingga kemasan bisa difungsikan dengan baik dan benar.

1. Box Kardus

Kemasan produk yang pertama adalah box kardus. Kemasan ini biasa digunakan sebagai medium packaging produk makanan cemilan dalam jumlah banyak. Biasanya, box ini digunakan untuk produk berupa snack, kripik, makanan cemilan dan manisan kering renyah lainnya. Kardus ini memiliki warna dasar coklat. Agar terlihat lebih menarik, Anda bisa melakukan kustomisasi dengan mengubah warna, menambahkan logo dan tulisan brand.

Ukuran kardus juga beragam, mulai dari yang kecil hingga yang besar. Anda bisa menyesuaikannya dengan produk makanan yang ditawarkan. Soal ketahanan, kardus memiliki ketahanan yang baik karena memiliki lapisan yang cukup tebal sehingga produk makanan akan aman tersimpan di dalamnya.

2. Paper Cup

Paper cup merupakan sebuah kemasan yang biasa digunakan untuk menampung minuman. Berbeda dengan cup pada umumnya yang terbuat dari material plastik, paper cup terbuat dari kertas ramah lingkungan. Selain ramah lingkungan dan mudah terurai, kemasan ini juga memiliki desain yang modern dan vintage.

Soal ketahanan, meskipun berbahan dasar kertas, namun paper cup memiliki ketahanan yang sangat baik. Anda tidak perlu takut gelas akan bocor karena gelas ini sudah memenuhi standar food grade paper. Anda juga bisa melakukan kustomisasi terhadap badan gelas sehingga terlihat jauh lebih menarik.

3. Lunch Box dan Bento Lunch Box

Sejatinya kedua kemasan ini memiliki bentuk bagian luar yang hampir sama. Yang membedakan keduanya adalah terletak pada bagian dalam kemasan. Pada kemasan lunch box, tidak terdapat sekat pemisah. Bagian dalam kemasan memiliki area yang digunakan untuk meletakan makanan sehingga dapat dicampur.

Berbeda dengan lunch box, bento lunch box memiliki sekat di antara jenis makanan. Makanan yang diletakan di dalam bento lunch box tidak akan tercampur satu sama lain. Kedua kemasan ini banyak digunakan untuk jenis makanan berat seperti nasi goreng, ayam bakar, nasi campur dan jenis makanan berat lainnya.

4. Paper Bowl

Kemasan produk ini memiliki bentuk persis seperti mangkuk. Bagian badannya memiliki volume yang lumayan besar sehingga dapat menampung banyak makanan. Meskipun terbuat dari kertas, paper bowl juga memiliki ketahanan yang sangat bagus karena sudah memenuhi standar food grade paper.

Biasanya, paper bowl digunakan sebagai kemasan makanan berupa sup, nasi goreng, cemilan somay, dan jenis makanan lainnya. Soal ketahanan, meskipun terbuat dari kertas, namun kemasan ini memiliki ketahanan yang bagus karena dapat bertahan dari panas, dingin. Kuah, hingga minyak.

Kustomisasi dengan Paduan Warna CMYK dan RGB

Melakukan kustomisasi merupakan hal wajib jika Anda ingin membuat kemasan yang lebih menarik dan unik. Kemasan yang menarik tentu berpotensi besar menarik perhatian target market. Salah satu hal yang biasa dilakukan saat melakukan kustomisasi adalah dengan melakukan perpaduan warna CMYK dan RGB.

Apa itu warna CMYK dan RGB?

Singkatnya, kedua hal tersebut merupakan perpaduan dari sekumpulan warna yang digunakan demi menghasilkan sebuah warna kombinasi yang baik. CMYK merupakan sebuah singkatan dari cyan, magenta, yello, dan key/black. warna-warna yang terdapat di dalam unsur CMYK akan menghasilkan warna lain jika dikombinasikan. Namun, jika semua warna digabungkan menjadi satu, akan menghasilkan warna hitam. CMYK umumnya digunakan untuk keperluan percetakan.

Sedangkan RGB adalah kepanjangan dari red, green, dan blue. Kombinasi warna-warna tersebut jika digabungkan satu sama lain akan menghasilkan warna lainnya. Namun, jika semua warna digabungkan, akan menghasilkan warna putih polos. Kombinasi RGB biasa dibuat sebagai warna tampilan namun tidak cocok digunakan sebagai warna untuk percetakan.

Demikianlah ulasan mengenai rekomendasi kemasan produk makanan kekinian yang bisa menjadi referensi bagi Anda. Selain untuk melindungi produk, kemasan juga dapat digunakan sebagai medium promosi dan branding. Menggunakan kemasan yang menarik dan untuk bisa membantu Anda melawan kompetitor.

Manuva siap membantu Anda untuk menghadirkan kemasan produk yang menarik dan unik. Anda bisa melakukan kustomisasi dengan membuat desain, logo, serta warna sendiri sesuai dengan brand yang Anda miliki. Segera hubungi Manuva dan bangun bisnis Anda sekarang!