Fungsi packaging makanan saat ini tidak saja untuk mengemas makanan, tetapi juga sebagai medium marketing dan pelindung cita rasa makanan. Simak rekomendasi kemasan makanan yang bisa jadi pilihan

Packaging makanan saat ini memiliki peran penting. Perannya tidak hanya untuk menjadi wadah makanan, tetapi menjaga dan melindungi makanan dengan baik. Bagi yang memiliki bisnis, memilih packaging makanan juga tidak boleh asal pilih.

Apalagi di era media sosial seperti saat ini, di mana tampilan kemasan merupakan value yang bisa menjadi nilai jual untuk menggaet konsumen. Dalam bisnis, mengapa kemasan makanan bisa berperan dalam meningkatkan penjualan? Karena kemasan merupakan hal pertama yang dilihat oleh konsumen.

Baca juga: Mau Cetak Kemasan? Perhatikan Hal Berikut!

Semakin baik kemasannya, semakin terjaga makanan yang disimpan di dalamnya. Kemasan yang baik akan menjaga kualitas makanan sehingga cita rasanya tetap terjaga meskipun disimpan dalam kurun waktu yang relatif lama.

Packaging atau kemasan makanan juga memiliki peran untuk menjaga makanan dari zat atau polusi yang berbahaya dari luar. Makanya, kemasan makanan yang memiliki fitur penutup lebih populer digunakan, khususnya untuk makanan yang bisa dibawa atau makanan takeaway.

Apa sih Packaging Makanan Itu?

Packaging atau kemasan makanan merupakan medium atau wadah yang digunakan untuk menyimpan makanan. Packaging makanan digunakan bukan saja untuk menyimpan, tapi untuk melindungi makanan dari kontaminasi zat berbahaya yang berasal dari luar.

Baca juga: Bingung Simpan Makanan di Mana? Gunakan Kemasan Mika Aja!

Selain itu, kemasan makanan juga berfungsi untuk menjaga cita rasa dan kualitas makanan. Kemasan makanan yang baik memiliki lapisan yang mampu menjaga suhu dan temperatur serta sirkulasi udara.

Sehingga, kualitas makanan tetap terjaga. Salah satu ciri kemasan yang memiliki kualitas yang bagus adalah saat makanan disimpan dalam waktu yang relatif lama, makanan tersebut masih enak untuk disajikan.

Memilih Packaging yang Bagus Sangat Penting

Memilih kemasan atau packaging yang baik sangat wajib. Apalagi untuk Anda yang memiliki bisnis makanan dan minuman. Kemasan yang baik tidak hanya menjaga makanan di dalamnya, tapi juga bagus untuk perkembangan bisnis Anda.

Berikut ini adalah beberapa manfaat memilih packaging berkualitas untuk makanan Anda.

1.Makanan Jadi Terlindungi

Salah satu ciri dari kemasan makanan yang berkualitas bagus adalah kemampuannya untuk melindungi makanan dengan baik. Kemasan yang berkualitas memiliki lapisan tebal yang mampu melindungi dan menjaga kualitas makanan yang disimpan di dalamnya.

Makanan yang disimpan di dalam kemasan tidak hanya akan terjaga kualitas dan cita rasanya, tetapi juga akan aman terlindungi dari polusi dan zat berbahaya lainnya dari luar.

2. Potensi Memikat Konsumen lebih Besar

Packaging memiliki peran yang penting dalam memikat konsumen. Menawarkan makanan yang enak saja tidak cukup. Anda harus menggunakan kemasan berkualitas baik agar konsumen semakin tertarik dengan bisnis Anda.

Menggunakan kemasan yang baik tidak hanya bagus untuk konsumen, tetapi untuk perkembangan bisnis Anda. Konsumen akan lebih mengenal produk Anda dengan mudah jika menggunakan kemasan yang berkualitas dan unik.

3. Menumbuhkan Kepercayaan Konsumen

Dengan menggunakan kemasan atau packaging makanan yang berkualitas baik akan menumbuhkan kepercayaan konsumen terhadap bisnis yang Anda miliki. Kepercayaan konsumen merupakan salah satu modal terpenting dalam menjalankan bisnis. Tanpa rasa kepercayaan kosnumen, rasanya mustahil bagi sebuah bisnis untuk berkembang dan bersaing.

4. Menumbuhkan Kekhasan

Banyak contoh bisnis makanan yang menggunakan packaging makanan unik. Keunikan kemasan menjadi ciri khas dari bisnis tersebut. Kekhasan merupakan identitas pembeda sebuah bisnis. Identitas berbeda juga memiliki potensi untuk menjadi top of mind dalam sebuah kompetisi bisnis.

Bahan Dasar Packaging Makanan yang Banyak DIcari

Saat ini, ada banyak kemasan yang beredar di pasaran. Setiap jenis packaging pun terbuat dari bahan yang berbeda-beda. Banyaknya jenis bahan merupakan bukti beragamnya jenis kemasan. Bahkan, satu jenis kemasan bisa memiliki bahan dasar yang berbeda-beda.

Perbedaan bahan dasar kemasan dipengaruhi oleh inovasi dan jenis makanan sendiri. Berikut ini merupakan beberapa bahan dasar packaging makanan yang beredar di pasaran.

Kertas

Bahan dasar kertas merupakan salah satu jenis bahan yang populer digunakan dalam beberapa tahun belakangan. Salah satu sebab kenapa kertas dipilih sebagai bahan dasar adalah karena kertas (khsusunya kertas kraft) memberikan kesan vintage, elegan, modern, dan premium.

Kemudian, bahan kertas juga dipilih karena dapat didaur ulang. Sehingga penggunaan bahan ini membantu mengurangi limbah sampah kemasan.

Plastik

Bahan plastik merupakan jenis bahan yang paling banyak digunakan sebagai kemasan. Hampir semua jenis kemasan pasti memiliki bahan kandungan plastik. Plastik sendiri memiliki banyak jenis. Setiap jenis plastik yang digunakan sebagai kemasan memiliki karakter dan fungsi yang berbeda-beda.

Plastik sering diasosiasikan sebagai sumber limbah plastik dan sulit terurai hingga ribuan tahun lamanya. Namun, inovasi dan pengembangan plastik ramah lingkungan sudah dilakukan. Penggunaan plastik yang ramah lingkungan juga mulai dilakukan secara luas.

Kaleng

Kaleng juga mulai banyak digunakan sebagai bahan dasar kemasan. Bahan ini dipilih karena ketahanannya dalam menjaga makanan. Memang, tidak semua makanan dapat disimpan di dalam kaleng. Biasanya, kaleng digunakan untuk menyimpan makanan siap saji atau frozen food.

Kaca

Kaca juga biasa digunakan untuk bahan dasar pembuatan packaging makanan. Biasanya kaca digunakan untuk pembuatan kemasan berbentu jar atau toples kaca. Penggunaan kemasan berbahan dasar kaca cukup terbatas dan sedikit riskan, apalagi digunakan untuk makanan yang take-away. Kemasan berpotensi pecah di perjalanan.

Kemasan Pilihan untuk Mengemas Makanan

Nah, untuk Anda yang sedang mencari packaging makanan, berikut ini merupakan beberapa rekomendasi kemasan yang bisa Anda pilih.

1.Lunchbox

Kemasan ini memiliki desain yang menarik. Lunchbox biasanya digunakan untuk mengemas makanan yang tidak mengandung kuah. Desain lunchbox sangat ergonomis sehingga nyaman digenggam dan dibawa dalam satu tangan. Tidak heran, banyak pemilik bisnis makanan yang menggunakan lunchbox sebagai medium kemas makanan mereka.

2. Paper Bowl

Kemasan ini sangat cocok digunakan untuk mengemas makanan berkuah seperti bakso, mie ayam, mie goreng, dimsum, siomay, seblak, dan makanan berkuah lainnya. Paper bowl juga memiliki bagian penutup yang memungkinkan makanan menjadi jauh lebih aman.

3. Sekat Bento

Packaging makanan satu ini cocok digunakan untuk mengemas 1 porsi makanan yang terdiri dari beberapa jenis makanan. Kemasan ini terinspirasi dari budaya bento dari Jepang. Bagian dalam kemasan memiliki sekat pembeda yang membuat setiap jenis makanan menjadi terpisah dan tidak tercampur satu sama lain.

4. Snack Box

Berikutnya ada snack box. Kemasan ini memiliki desain yang cenderung simpel. Ukurannya yang minimalis membuat kemasan ini mudah dibawa kemanapun, bahkan hanya dengan satu tangan sekalipun.

5. Standing Pouch

Standing pouch sangat populer digunakan untuk mengemas makanan ringan atau cemilan seperti keripik, kerupuk, kacang-kacangan, kuaci, dan bakso cikur siap saji. Kemasan ini juga biasa digunakan untuk makanan frozen food yang siap saji.

Demikianlah pembahasan mengenai rekomendasi packaging makanan yang bisa mempercantik makanan Anda. Memilih kemasan berkualitas sangatlah penting. Apalagi bagi Anda yang memiliki bisnis makanan.

Salah pilih kemasan bisa mempengaruhi kualitas dan cita rasa makanan. Kemasan makanan yang buruk bisa membuat makanan menjadi tidak tahan lama.

Anda butuh packaging makanan dengan kualitas terjamin dan harga yang bersahabat? Manuva siap memenuhi kebutuhan Anda. Manuva melalui produk kemasan Manuva Brands siap memenuhi permintaan akan kemasan berkualitas dengan harga yang terjangkau. Jadi, tidak perlu risau. Kunjungi toko kemasan & plastik terdekat, yuk! Anda juga bisa mengunjungi manuva.com untuk melakukan pembelian secara online.