Sudah menjadi rahasia umum bahwa kemasan merupakan salah satu hal yang memiliki peran penting untuk sebuah bisnis. Apapun bisnisnya, baik itu bisnis makanan ringan, bisnis souvenir, pakaian, hingga elektronik, menggunakan kemasan unik akan membuat produk Anda lebih istimewa.

Salah satu jenis kemasan yang populer digunakan beberapa tahun belakangan adalah paper bag. Kemasan ini layak disebut sebagai kemasan multifungsi. Mengapa demikian? Selain berguna sebagai medium kemas produk, banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan kemasan ini sebagai medium packaging produk Anda.

Baca juga: 4 Cara Kreatif Reuse Kardus Box

Salah satu faktor yang membuat mengapa paper bag semakin banyak digunakan adalah desainnya yang modern dan bahan dasar yang terbuat dari kertas berkualitas. Ya, meskipun terbuat dari kertas, namun ketahanan kemasan ini tidak perlu diragukan lagi.

Jenis Kertas Paper bag

Sejatinya, paper bag memiliki beberapa jenis yang berbeda. Perbedaan jenis tersebut terletak pada bahan dasarnya. Terdapat beberapa jenis kertas yang umum digunakan sebagai bahan dasar tas ini. Meskipun berbeda, ketahanan dari tas ini tetap bagus dan mampu melindungi produk Anda.

1. Kertas Ivory

Jenis kertas ini salah satu yang paling baik. Pasalnya, kertas ini memiliki ketebalan yang cukup tebal sehingga bagus digunakan sebagai bahan dasar paper bag. Warna dasar kertas ini adalah putih, memudahkan Anda ketika hendak melakukan kustomisasi. Namun, kertas jenis ini memiliki permukaan yang cukup licin.

2. Kertas Kraft

Kertas ini merupakan jenis kertas yang paling umum digunakan sebagai bahan dasar paper bag. Lapisannya memiliki ketebalan yang cukup, tidak tebal namun tidak pula tipis. Itu membuat tas berbahan dasar kertas kraft memiliki berat yang ringan. Warna dasar kecoklatan membuat kertas ini tampak modern dan vintage. Tidak heran banyak produsen percetakan yang memilih kertas ini sebagai bahan dasar tas kertas.

3. Kertas Art Carton

Kertas jenis ini juga merupakan kertas yang memiliki ketebalan yang cukup tebal. Art carton banyak digunakan sebagai bahan dasar dari tas kertas yang dikustomisasi. Karena lapisannya yang tebal, membuat kertas ini cukup efektif digunakan sebagai kemasan produk berukuran sedang.

4. Kertas Art Paper

Jenis kertas terakhir ini juga memiliki ketebalan yang lumayan tebal. Kertas ini juga cocok digunakan sebagai bahan dasar tas kemasan untuk produk berukuran sedang. Kustomisasi akan menambah menarik penampilan tas. Soal keamanan, tidak perlu diragukan lagi.

Dapat dilihat bahwa terdapat beberapa jenis kertas yang digunakan sebagai bahan dasar paper bag. Namun, apapun jenis kertas yang digunakan, pada dasarnya paper bag didesain sedemikian rupa agar menjadi pengganti kantong plastik sehingga memiliki kekuatan dan ketahanan yang baik.

Manfaat Paper Bag

Memang, perihal masa pakai, paper bag tidak memiliki ketahanan yang lama jika dibandingkan dengan kantong plastik. Jika kantong plastik dapat digunakan berkali-kali dalam masa yang lama, paper bag memiliki keterbatasan masa pakai. Namun, banyak alasan mengapa bisnis Anda harus mulai beralih menggunakan tas kertas ini dalam bisnis Anda.

1.Ramah Lingkungan

Seiring semakin memburuknya krisis iklim, banyak perusahaan di belahan dunia yang juga berlomba menampilkan kepeduliannya terhadap isu tersebut. Menggunakan paper bag merupakan salah satu hal yang sering dilakukan oleh owner bisnis dalam mempromosikan brand-nya kepada masyarakat bahwa mereka peduli terhadap lingkungan.

Dengan berbahan dasar kertas membuat paper bag jauh lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan kantong plastik. Apapun jenis kertas yang menjadi bahan dasar paper bag akan mudah terurai sehingga hal itu tidak membuat kerusakan alam semakin bertambah parah.

2. Bagus untuk Branding

Dengan desain yang modern dan unik, membuat tas kertas ini sangat bagus untuk bisnis Anda. Banyak perusahaan yang menggunakan tas ini sebagai medium branding kepada target audience-nya. Tidak hanya itu, paper bag cenderung disimpan oleh konsumen sehabis digunakan. Ketika konsumen menggunakan paper bag untuk kegiatan lain, misalnya belanja, orang lain akan melihat brand Anda terlihat di tas tersebut. Secara tidak langsung, konsumen Anda akan mempromosikan brand Anda melalui penggunaan paper bag.

3. Strategi Melawan Kompetitor

Menggunakan paper bag juga merupakan salah satu cara untuk melawan kompetitor Anda. Bisa dikatakan, ini merupakan strategi yang baik untuk merebut pasar di bisnis Anda dan melawan kompetitor. Kemasan tas akan membuat produk Anda jauh lebih unik dan menarik. Karena itulah, diharapkan konsumen mulai beralih ke produk Anda. namun, pastikan Anda tetap meningkatkan kualitas produk Anda.

4. Murah dan Mudah Didapatkan

Dewasa ini semakin banyak produsen yang memproduksi paper bag untuk kemasan produk. Semakin mudah didapatkan, maka harganya pun semakin murah. Berbeda dengan beberapa dekade lalu di mana Anda akan mengalami kesulitan dalam mencari paper bag.

Baca juga: Perbedaan Jenis Kertas HVS dan Folio yang Wajib Diketahui

Manuva sebagai partner bisnis, siap membantu Anda dalam menyediakan paper bag berkualitas yang murah dan aman. Dibuat dengan kertas berkualitas, Anda bisa mendesain sendiri melalui kustomisasi tas sesuai selera Anda. Jadi, sudah siap beralih ke kemasan ini? Hubungi Tim Tele Manuva, yuk!