Kemasan merupakan salah satu elemen penting bagi sebuah produk yang hendak dipasarkan. Kemasan tidak hanya berfungsi sebagai medium kemas pelindung semata. Peran kemasan telah bertransformasi menjadi sebuah medium yang digunakan untuk promosi, branding hingga strategi melawan kompetitor. Apalagi di era sosial media seperti sekarang di mana penampilan merupakan hal yang utama dalam menggaet perhatian target audience.

Oleh karena itu, industri digital printing menjadi sangat vital. Industri ini memiliki peran dalam menyediakan kemasan dan packaging produk lainnya agar sesuai dengan permintaan dan sesuai dengan produk yang dipasarkan. Industri ini juga berperan dalam menyediakan kemasan dengan teknik yang canggih, efisien dan murah namun tidak mengurangi kualitas dari kemasan itu sendiri.

Baca juga: Pentingnya Material Food Grade dalam Kemasan Makanan

Apa Itu Digital Printing?

Digital Printing adalah sebuah teknik mencetak teks dan gambar dari file yang berada di dalam komputer ke berbagai media dengan cara cepat, modern, dan instan. Salah satu contoh penerapan percetakan digital adalah sablon kaos, yang mana gambar berasal dari data berbentuk digital, kemudian dicetak menjadi sebuah teks dan gambar di atas kaos.

Metode digital printing memungkinkan proses percetakan yang jauh lebih singkat dan efisien dibandingkan dengan metode tradisional. Metode digital menggunakan seperangkat komputer dengan perangkat lunak (software) tertentu sehingga prosesnya bisa diatur sedemikian rupa dengan mudah. Software tersebut juga memudahkan ketika hendak dilakukan kustomisasi sebelum percetakan dilakukan.

Dengan adanya teknik pencetakan digital, hal ini memungkinkan Anda mengeksplorasi lebih banyak desain dan warna-warna gambar untuk bisa dicetak ke berbagai media. Misalnya, mencetak logo perusahaan pada kaos yang akan dipakai untuk outing kantor atau mencetak materi promosi produk ke dalam bentuk flyer dan banner. Apa saja keuntungan teknik pencetakan digital bagi sebuah bisnis? Simak ulasannya berikut ini!

Keunggulan Digital Printing

Jika dibandingkan dengan teknik percetakan lainnya, digital printing merupakan teknik yang paling efisien, murah, dan cepat. Selain itu, metode ini juga memiliki beberapa kelebihan lainnya. Berikut merupakan kelebihan metode ini dibandingkan dengan metode percetakan lainnya.

Lebih Cepat

Sebelum proses percetakan dimulai, biasanya sebuah komputer akan dioperasikan untuk mengatur segala hal dalam percetakan. Komputer juga digunakan untuk mengatur perihal percetakan seperti desain, jenis warna, logo dan segalanya. Keberadaan komputer membuat proses percetakan menjadi jauh lebih cepat dan tidak memakan waktu lama.

Sesuai Kebutuhan

Selain menggunakan komputer, digital printing juga biasanya menggunakan perangkat lunak (software) tertentu untuk digunakan ketika mengatur proses percetakan. Software ini membantu agar bahan yang dicetak bisa sesuai dengan yang benar-benar dibutuhkan sehingga tidak terdapat kemasan atau packaging produk yang tersisa.

Mudah Dioperasikan

Berbeda dengan metode lain yang membutuhkan seorang ahli dalam melakukan proses percetakan, metode digital printing cenderung lebih mudah karena menggunakan sistem otomatisasi. Dalam pengoperasiannya, digital printing tidak membutuhkan seorang ahli agar proses percetakan berjalan dengan lancar.

Apa Saja Yang Bisa Dicetak oleh Digital Printing?

Hampir semua jenis kemasan dan medium packaging bisa dicetak menggunakan proses digital printing. Berikut merupakan beberapa jenis kemasan yang biasanya diproses melalui metode ini.

Cetak Kemasan Produk

Kemasan produk merupakan salah satu elemen penting ketika Anda menawarkan sebuah produk kepada target audience. Pasalnya, kemasan produk merupakan hal yang pertama kali dilihat oleh konsumen ketika Anda menawarkan produk Anda kepada mereka. Digital printing membantu menyediakan kemasan produk yang tidak hanya berkualitas, namun juga terjangkau. Cetak kemasan dengan menggunakan metode ini juga membuat kemasan jauh lebih rapi dan menarik.

Cetak Packaging Kemasan

Cetak packaging menggunakan metode percetakan digital membuat penyesuaian desain jauh lebih terukur. Selain itu, desain yang ditentukan akan lebih pas dengan ukuran kemasan packaging sehingga Anda tidak akan menemukan desain kemasan yang diluar pola.

Cetak Kardus

Digital printing juga membantu proses cetak kardus jauh lebih cepat, terarah namun murah. Metode ini membuat kardus yang digunakan sebagai medium kemas akan terlihat eye-catching meskipun warna dasar kardus adalah coklat polos. Biasanya, proses percetakan dilakukan saat kardus belum dirangkai menjadi bentuk layaknya sebuah kardus.

Cetak Box

Digital printing membantu proses cetak box menjadi lebih cepat. Box merupakan kemasan yang memiliki lapisan yang tebal. Biasanya, proses percetakan dilakukan sebelum box dirangkai menjadi sebuah kemasan. Metode percetakan digital membuat desain box jauh lebih modern dan unik.

Cetak Paper Bag

Paper bag merupakan salah satu jenis kemasan yang berbahan dasar kertas. Kustomisasi dilakukan agar kemasan ini jauh lebih terlihat unik. Pada dasarnya, paper bag memiliki desain yang unik dan vintage. Proses percetakan digital membuat paper bag terlihat jauh lebih unik dan modern.

Cetak Stiker

Sebelumnya, jika hendak melakukan cetak stiker, dilakukan secara manual sehingga desain gambar terkadang tidak pas dengan ukuran stiker. Digital printing membuat proses percetakan stiker lebih tepat dan sesuai dengan jenis stiker dan ukurannya. Metode digital printing membuat logo yang dicetak di badan stiker lebih tahan lama dibandingkan dengan metode percetakan lainnya.

Demikianlah ulasan mengenai keunggulan digital printing untuk bisnis Anda. pada dasarnya, metode digital printing memiliki banyak keunggulan, mulai dari waktu yang dibutuhkan jauh lebih singkat namun kualitasnya tetap terjaga. Diproyeksikan, terdapat perkembangan dalam metode digital printing sehingga proses percetakan akan jauh lebih efisien.

Sebagai partner dalam menyediakan kemasan melalui proses digital printing, Manuva siap membantu Anda. Fitur kustomisasi membantu Anda dalam menentukan desain sendiri sesuai dengan produk yang Anda gunakan. Hubungi Tim Tele Manuva sekarang, yuk!