Ketika menjelang bulan suci ramadhan, biasanya kebutuhan masyarakat meningkat secara signifikan. Mulai dari mempersiapkan menu berbuka, membeli kebutuhan sembako untuk persiapan beberapa hari kedepan hingga kebutuhan akan pakaian dan barang lainnya. Masyarakat akan berusaha untuk memenuhi kebutuhan primer, sekunder dan tersier-nya.

Meningkatnya kebutuhan masyarakat akan produk makanan, pakaian dan kebutuhan lainnya merupakan peluang yang bisa Anda manfaatkan sebagai pemilik bisnis. Apapun bisnis yang Anda sedang jalankan, baik itu bisnis makanan, pakaian, dan produk lainnya, momentum datangnya bulan ramadhan bisa Anda manfaatkan agar meningkatkan pendapatan dan keuntungan.

Salah satu strategi yang bisa Anda gunakan demi menghadapi meningkatnya permintaan akan kebutuhan masyarakat menjelang ramadhan 2022 adalah dengan menggunakan kemasan kardus sebagai medium kemas produk. Kemasan tersebut merupakan salah satu kemasan yang dipilih oleh banyak pengusaha untuk mengemas produk yang mereka tawarkan.

Sejatinya, box kardus memiliki banyak jenisnya. Perbedaan jenis kemasan ini berpengaruh terhadap jenis produk yang dikemas. Untuk itulah, Anda perlu memperhatikan jenis produk apa yang hendak dikemas menggunakan kardus sehingga kemasan yang digunakan lebih efektif digunakan.

Baca juga: Strategi Pengadaan Kemasan untuk Pertahankan Rantai Pasokan

Apa yang Dimaksud dengan Box Kardus?

Box kardus merupakan sebuah kemasan berbahan dasar kertas yang memiliki desain berbentuk kotak maupun kubus. Biasanya, sebuah kardus memiliki bagian penutup baik di satu sisi (bagian atas) maupun di kedua sisi lainnya (bagian atas dan bawah). Bahan dasar yang digunakan untuk membuat kardus pun bervariasi. Kertas karton adalah bahan dasar yang paling umum digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kardus.

Kardus telah berkembang menjadi salah satu kemasan produk yang paling populer digunakan. Selain volume kemasannya yang relatif besar, lapisan kemasan ini juga cenderung lebih tebal dibandingkan dengan kemasan jenis lainnya sehingga bisa melindungi produk yang ada di dalamnya.

Selain karena alasan ketahanan, kemasan kardus box juga dipilih karena desainnya yang menarik. Warna dasar dari box kardus adalah coklat, membuat kemasan ini memiliki penampilan yang elegan, modern dan vintage. Banyak brand, baik brand besar maupun kecil yang menggunakan kardus sebagai kemasan produk mereka.

Terdapat beberapa jenis kemasan box kardus yang biasa digunakan sebagai medium kemas produk kebutuhan, pakaian hingga elektronik, souvenir dan produk lainnya. Setiap jenis produk harus disesuaikan dengan jenis box yang digunakan agar penggunaan kardus menjadi lebih efektif. Berikut merupakan ulasannya.

Baca juga: Selain Flyer, Ini 4 Cara Pemasaran Produk yang Efektif

Untuk Produk Makanan

Menjelang ramadhan 2022, produk makanan merupakan salah satu jenis produk yang dicari oleh masyarakat. Berikut merupakan rekomendasi jenis kardus yang bisa Anda gunakan sebagai kemasan produk Anda.

Food Pail

Food pail merupakan jenis box makanan kardus yang populer digunakan oleh pelaku bisnis makanan. Kemasan ini memiliki bahan dasar karton dan berwarna putih. Sisi luar lapisan dari kemasan ini memiliki tekstur yang licin sedangkan bagian dalam memiliki tekstur yang lebih kasar. Kemasan ini memiliki desain memanjang ke atas dengan bagian atas yang dilengkapi dengan penutup berbentuk jendela. Biasanya, food pail digunakan sebagai kemasan untuk jenis kemasan seperti nasi goreng, somay, mie goreng, dan makanan cemilan lainnya.

Lunch Box dan Paper Lunch Box Sekat

Lunch box merupakan salah satu jenis box kardus makanan yang banyak digunakan oleh penjual makanan seperti nasi goreng, batagor, mie goreng dan makanan berat lainnya. Kemasan ini berbahan dasar food grade paper sehingga mampu tahan terhadap minyak dan cairan dari makanan. Adanya bagian penutup membuat kemasan ini efektif melindungi makanan yang ada di dalamnya. Yang membedakan antara lunch box biasa dengan lunch box sekat adalah adanya sekat pemisah untuk jenis makanan yang berbeda sehingga setiap jenis makanan yang ada di dalam lunch box sekat tidak tercampur.

Snack Box

Box kardus makanan ini memiliki desain yang sedikit menyerupai lunch box. Namun, kemasan ini memiliki volume yang lebih besar dan desain yang lebih menyerupai persegi panjang. Dengan bahan food grade paper, snack box banyak dipilih oleh banyak penjual makanan karena ketahanan dan kualitas lapisannya sehingga produk makanan lebih terlindungi dengan aman.


Untuk Produk Kebutuhan Harian

Menjelang ramadhan 2022, biasanya masyarakat akan membeli kebutuhan sehari-hari dalam jumlah banyak. Untuk memenuhi kebutuhan ini, umumnya masyarakat membeli kebutuhannya di agen kebutuhan sehari-hari atau di supermarket. Di sisi lain, kebutuhan akan kemasan tentunya meningkat untuk menunjang pengemasan produk. Di saat penggunaan kantong plastik yang terus dikurangi, box kardus merupakan salah satu kemasan pengganti yang biasa digunakan sebagai medium kemas produk dalam jumlah banyak. Berikut merupakan rekomendasi box kardus untuk produk kebutuhan sehari-hari

Kardus

Kardus merupakan kemasan yang paling umum digunakan sebagai medium penyimpanan produk harian dalam jumlah banyak. Ukurannya yang beragam dan ketahanannya yang baik membuat kardus banyak dipilih oleh banyak pelaku bisnis sebagai kemasan produknya. Selain itu, volume kemasan yang relatif besar membuat kardus dipilih agar hemat kemasan.

Kardus memiliki desain persegi dengan lapisan coklat polos di sekujur badan kemasan. Warna coklat polos membuat kardus memiliki penampilan yang modern dan vintage. Jenis kardus juga beragam, mulai dari yang berukuran kecil hingga berukuran besar. Selain itu, kardus juga memiliki perbedaan pada bagian lapisannya. Mulai dari lapisan yang tipis hingga yang tebal.

Box Kardus Duplex

Sejatinya, tidak ada perbedaan signifikan antara kardus biasa dengan kardus duplex. Yang membedakan di antara keduanya adalah pada kardus duplex, terdapat lapisan berwarna yang membuat kardus duplex memiliki tampilan yang lebih menarik, berwarna dan unik. Dalam hal utilitas atau kegunaan, baik kardus biasa maupun kardus duplex memiliki kegunaan yang sama.

Itulah ulasan mengenai rekomendasi berbagai jenis box kardus untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang ramadhan 2022. Momentum menjelang datangnya bulan suci ramadhan harus Anda manfaatkan demi mendapatkan keuntungan secara maksimal.

Manuva sebagai salah satu perusahaan supply chain manufacture telah dipercaya oleh banyak brand untuk menyediakan kemasan box kardus untuk produk mereka. Kepercayaan itu merupakan bukti bahwa Manuva memiliki keunggulan dibandingkan dengan kompetitor lainnya. Segera hubungi tim Tele Manuva dan bangun bisnis Anda bersama kami.