Kemasan mika sudah lama dimanfaatkan sebagai kemasan beragam jenis makanan dan bahan-bahan dapur. Selain itu, wadah ini juga digunakan sebagai wadah makan layaknya lunch box. Untuk Anda yang bingung mencari wadah makanan, kemasan mika bisa menjadi alternatif.

Saat ini, ada banyak sekali jenis kemasan atau medium penyimpanan makanan. Begitu banyaknya pilihan terkadang membuat kita bingung mau memakai medium yang mana. Kemasan makanan dibutuhkan tidak saja untuk kebutuhan bisnis makanan, aktivitas rumah tangga pun membutuhkan kemasan yang memadai agar makanan dapat disimpan dengan baik.

Salah satu kemasan yang bisa menjadi pilihan adalah kemasan mika. Kemasan ini memiliki volume yang relatif besar, sehingga mampu menyimpan makanan dan bahan lainnya di dalam wadah.

Baca juga: Ternyata Logo Kemasan Makanan Sangat Penting

Kemasan mika juga terkenal akan keamanannya dalam menjaga makanan. Kemasan ini memiliki bagian penutup yang menjaga udara masuk ke dalam wadah. Tidak heran, kemasan ini cukup laku di pasaran.

Apa yang Dimaksud dengan Kemasan Mika?

Kemasan mika adalah jenis kemasan yang terbuat dari bahan plastik mika atau polimetil metakrilat (PMMA). Mika sendiri adalah plastik transparan yang sering digunakan sebagai wadah untuk berbagai produk.

Bahan ini memiliki sifat transparan yang memungkinkan konsumen untuk melihat produk di dalamnya tanpa harus membuka kemasan.

Kemasan mika biasanya digunakan untuk produk makanan, kosmetik, mainan, produk elektronik, aksesoris, dan masih banyak lagi. Namun, umumnya kemasan ini digunakan sebagai wadah makanan.

Karena sifat lapisannya yang transparan, hal tersebut membuat produk menjadi lebih menarik secara visual dan memungkinkan konsumen untuk melihat barang tersebut sebelum memutuskan untuk membelinya.

Selain transparan, mika juga memiliki sifat ringan, tahan terhadap benturan, dan tahan lama. Ini menjadikannya pilihan yang populer untuk kemasan produk karena mampu melindungi isi wadah dari kerusakan atau kontaminasi dari luar.

Kemasan Mika Aman untuk Mengemas Makanan

Kemasan mika terbuat dari bahan plastik transparan. Meskipun terbuat dari plastik, kemasan mika cenderung aman dan dapat digunakan sebagai wadah makanan.

Kemasan mika yang digunakan untuk makanan harus mematuhi standar keamanan makanan. Salah satu penggunaan mika yang harus dihindari adalah suhu tinggi.

Baca juga: Mengapa Harus Menggunakan Kemasan Aluminium Foil?

Jika Anda membutuhkan kemasan atau wadah makanan, kemasan mika bisa menjadi solusi dan alternatif wadah untuk digunakan. Namun, jangan menyimpan makanan bersuhu panas di dalam kemasan ini.

Selain itu, sangat tidak disarankan untuk meletakan kemasan mika di dalam microwave atau oven. Jadi, jika Anda hendak memanaskan makanan, sebaiknya keluarkan dahulu makanan Anda dan letakan di sebuah wadah lainnya seperti piring, baru kemudian Anda bisa memanaskannya di dalam microwave atau oven.

Penggunaan kemasan mika di suhu panas merupakan hal yang sangat dihindari. Mika mengandung senyawa kimia tertentu, seperti bisfenol A (BPA) atau bisfenol S (BPS), tergantung pada proses pembuatannya.

BPA dan BPS adalah bahan kimia yang digunakan dalam produksi plastik dan telah dikaitkan dengan gangguan hormonal pada manusia. Saat makanan bersuhu panas bersentuhan dengan mika yang mengandung BPA atau BPS, ada potensi paparan terhadap senyawa-senyawa ini, meskipun dalam jumlah yang kecil.

Oleh karena itu, makanan panas tidak disarankan disimpan di dalam kemasan mika.

Jenis Makanan yang Bisa Disimpan di Dalam Kemasan Mika

Kemasan mika banyak diburu karena wadah ini bisa menyimpan beragam jenis makanan. Bahkan, selain makanan, kemasan ini juga umumnya digunakan untuk menyimpan beragam bahan bumbu dapur, sayur, hingga bahan kimia.

Karena wadah ini dilarang digunakan untuk menyimpan makanan bersuhu tinggi, berikut ini merupakan beberapa jenis makanan yang aman disimpan di dalam wadah mika.

Makanan Ringan

Kemasan mika sering digunakan untuk mengemas makanan ringan seperti keripik kentang, kacang, coklat, permen, biskuit, popcorn, dan cemilan lainnya.

Produk Kering

Kemasan ini cocok untuk menyimpan produk kering seperti sereal, granola, kacang-kacangan, biji-bijian, dan rempah-rempah.

Makanan Olahan

Makanan olahan seperti makanan beku (frozen food), nugget ayam, fish stick, kudapan beku makanan beku lainnya seringkali juga dikemas dalam wadah mika.

Sayuran dan buah

Anda bisa menyimpan sayuran seperti timun, tomat, wortel, selada, hingga buah-buahan seperti apel, jerik, anggur, ceri, dan lainnya. Ingat untuk memotong sayur dan buah terlebih dahulu sebelum disimpan. Agar kesegaran lebih lama, letakkan kemasan mika di dalam kulkas.

Kemasan mika merupakan wadah yang digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk sebagai wadah untuk makanan ringan, produk olahan, aksesoris, kosmetik, hingga mainan. Sifatnya yang transparan memungkinkan konsumen untuk melihat isi kemasan tanpa perlu membukanya.

Namun, penting untuk memastikan bahwa kemasan mika yang digunakan untuk makanan mematuhi standar keamanan makanan dan tidak mengandung senyawa berbahaya.

Meskipun terbuat dari bahan plastik kemasan mika cenderung aman digunakan sebagai wadah makanan. Namun, perlu diingat untuk menghindari penggunaan makanan bersuhu tinggi saat hendak menyimpannya di dalam wadah kemasan mika.

Nah, untuk Anda yang hendak mencari kemasan mika, Manuva siap memenuhi kebutuhan Anda. Kunjungi segera website Manuva dan dapatkan kemasan mika berkualitas tinggi dengan harga yang menarik.