Ketika Anda menjalankan sebuah bisnis, kemasan memainkan peranan penting dalam meningkatkan penjualan produk bisnis Anda. Pasalnya, kemasan merupakan hal yang pertama kali dilihat oleh konsumen ketika mereka melihat produk yang Anda tawarkan. Semakin menarik kemasan yang Anda miliki, semakin besar potensi konsumen untuk membeli produk Anda.

Memang, kemasan bukan satu-satunya faktor penjualan bisnis Anda berpotensi meningkat. Anda juga harus terus meningkatkan kualitas produk dan layanan dari bisnis Anda. Salah satu bisnis yang terus berkembang pesat adalah bisnis makanan. Bisnis ini terus melahirkan inovasi dengan semakin banyaknya jenis makanan yang ditawarkan.

Baca juga: Go Green Dengan Tas Spunbond di Bulan Ramadan

Mulai dari makanan barat, oriental hingga lokal. Belum lagi inovasi makanan yang mencampurkan berbagai cita rasa dengan unik. Hal ini membuat bisnis makanan menjadi salah satu yang memiliki pangsa pasar yang sangat besar. Terlepas dari jenis makanan yang dijual dan ditawarkan, tetap saja owner bisnis makanan memerlukan kemasan yang menarik agar dapat bersaing di tengah bisnis makanan yang semakin ketat dan kompetitif.

Salah satu kemasan produk makanan yang sering digunakan oleh pemilik bisnis makanan adalah lunch box. Kemasan ini banyak digunakan oleh banyak pebisnis makanan dengan berbagai jenis makanan yang ditawarkan, mulai dari makanan yang dibakar, digoreng, nasi goreng hingga cemilan.

Kenalan dengan Lunch Box

Sejatinya, lunch box merupakan kemasan yang sering kita lihat dalam beberapa tahun belakangan. Karena banyak penjual makanan yang menggunakannya sebagai kemasan produk makanan yang mereka jual. Lunch box sendiri merupakan sebuah kemasan yang berbentuk persegi panjang dengan bahan dasar kertas food paper grade ramah lingkungan.

Bahan dasar tersebut memiliki kualitas yang baik sehingga lunch box sangat aman dan digunakan oleh banyak pelaku bisnis makanan sebagai wadah produk makanan mereka. Selain karena memiliki kualitas yang bagus, lunch box juga memiliki kegunaan lainnya yang membuat produk Anda memiliki value lebih dibandingkan produk yang sama yang dijual oleh kompetitor Anda.

Salah satu alasan kenapa lunch box banyak digunakan oleh pelaku bisnis sebagai kemasan produk mereka adalah karena bentuknya yang ergonomis dan desainnya yang menarik. Desain yang menarik juga menjadikan kemasan ini cocok digunakan sebagai medium branding dari produk Anda.

Kegunaan Lunch Box

Ada banyak alasan mengapa para pelaku bisnis makanan memilih lunch box sebagai medium kemas untuk produk mereka. Meskipun di pasaran terdapat banyak jenis kemasan makanan, namun lunch box tetap dipilih dan digunakan. Beberapa menggunakan kemasan ini sebagai branding. Namun, terdapat beberapa kegunaan lain dari lunch box yang baik untuk bisnis Anda.

1. Ramah Lingkungan

Dengan bahan dasar kertas, lunch box terbukti merupakan kemasan yang ramah lingkungan. Menggunakan kemasan ini bisa menjadi salah satu ajang promosi bahwa brand Anda juga peduli dengan lingkungan yang semakin rusak akibat limbah kemasan berbahan plastik yang sulit diurai.

2. Berkualitas

Meskipun berbahan dasar kertas, namun kertas yang digunakan merupakan kertas dengan kualitas yang sangat bagus. Umumnya, lunch box diproduksi menggunakan kertas food grade paper. Kertas tersebut terkenal dengan kualitasnya dan ketahanannya. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika kemasan Anda mengalami kebocoran. Pasalnya, kertas tersebut mampu mencegah kebocoran.

3. Murah dan Mudah

Dewasa ini, semakin banyak produsen yang memproduksi kemasan lunch box sehingga mudah ditemukan. Selain itu, karena mudah ditemukan, harganya pun relatif murah. Berbeda dengan beberapa tahun lalu di mana kemasan ini cenderung sulit ditemukan dan relatif mahal harganya. Sekarang, Anda tidak perlu khawatir untuk mendapatkan kemasan ini.

4. Dapat Dikustomisasi

Salah satu alasan kenapa lunch box banyak digunakan oleh pelaku bisnis makanan adalah bisa digunakan sebagai medium branding. Branding adalah proses memperkenalkan produk atau layanan dari brand Anda kepada masyarakat. Untuk melakukan branding menggunakan lunch box, Anda bisa melakukan kustomisasi di kemasan tersebut.

Kustomisasi umumnya dilakukan dengan mendesain kemasan sedemikian rupa menggunakan warna, logo, dan desain yang sudah disesuaikan dengan STP (segmenting, targeting dan positioning dari brand Anda. diharapkan, kemasan yang dikustomisasi akan membuat proses branding produk Anda semakin berhasil dan meningkatkan penjualan.

Baca juga: 4 Tips Pengemasan Produk yang Efektif

Kabar baiknya, Anda bisa melakukan kustomisasi lunch box bersama Manuva. Dengan pilihan kustomisasi sesuai selera, Anda bisa membuat kemasan produk Anda menjadi semakin menarik dan unik. Segera hubungi Tim Tele Manuva dan bangun bisnis Anda!