Shipping box atau kardus box merupakan jenis medium packaging yang memainkan peran vital dalam menjaga keamanan dan keutuhan sebuah produk. Pada dasarnya, shipping box memiliki beberapa jenis yang beredar di pasaran. Perbedaan jenis tersebut tidak hanya terletak pada perbedaan bentuk, namun juga perbedaan fungsinya.

Maksud dari perbedaan fungsi adalah bahwa Anda harus menyesuaikan jenis shipping box yang hendak digunakan dengan jenis produk yang akan diletakan di dalam medium packaging tersebut. Pemilihan kemasan yang tepat merupakan sebuah keharusan. Apalagi jika Anda sedang membangun brand melalui strategi branding. Shipping box bisa digunakan sebagai salah satu instrumennya.

Baca juga: 6 Jenis Box Kardus Untuk Makanan Take-Away

Bukan hanya bentuk yang berbeda, shipping box juga memiliki banyak jenis ketebalan lapisan dan desain yang bisa disesuaikan dengan berbagai macam produk. Mulai dari yang berlapis tipis hingga berdesain modern kekinian pun ada.

Jika Anda hendak menggunakan shipping box sebagai salah satu medium packaging dari produk yang Anda tawarkan, ulasan berikut bisa menjadi pertimbangan untuk memilih jenisnya sehingga memudahkan Anda untuk menyesuaikan dengan produk anda.

Rigid Box

Rigid box merupakan salah satu jenis kardus yang banyak digunakan. Kardus ini memiliki karakter berupa lapisan yang relatif tebal dan ketahanan yang bagus karena terbuat dari bahan yang relatif kokoh. Secara tampilan, kardus rigid memiliki desain yang unik dan bagus serta menarik. Biasanya, kardus ini dikemas dengan plastik bubble dan digunakan sebagai kemasan untuk produk elektronik berupa ponsel.

Corrugated Box

Kardus jenis ini merupakan salah satu kardus yang memiliki kekuatan yang sangat baik. Corrugated box memiliki lapisan yang memiliki flute sehingga mampu menampung beban yang lumayan berat. Jenis flute pun beragam. Anda bisa menyelesaikannya dengan produk yang hendak Anda gunakan. Semakin berat beban produk, semakin besar lapisan flute yang seharusnya digunakan.

Folding Carton Box

Kardus jenis ini memiliki desain persegi panjang dan adanya bagian terbuka pada setiap sisinya. Pada awal kemunculannya, shipping box jenis ini difungsikan sebagai kemasan untuk produk premium. Seiring berjalannya waktu, folding box semakin umum digunakan oleh banyak pelaku usaha meskipun bukan produk premium. Lapisan kardus memiliki ketebalan yang cukup sehingga mampu melindungi produk dengan baik.

Telescope Box

Kardus jenis ini memiliki desain yang memanjang. Bagian badan kardus dan bagian penutup tidak menyatu sehingga bagian tutup bisa dilepas. Kesan dari desain telescope box adalah vintage dan modern. Kemasan ini memiliki kekuatan yang sangat baik. Biasanya, kardus jenis ini digunakan sebagai medium packaging produk elektronik, teknologi, hingga produk premium yang membutuhkan perlindungan lebih.

Full Overlap Box

Shipping box jenis ini memiliki struktur yang sama dengan telescope box, yakni adanya bagian penutup yang bisa dilepas. Bedanya, full overlap box memiliki desain persegi panjang yang memanjang ke atas dan volume yang lebih besar. Kemasan dengan desain indah ini biasa digunakan sebagai branding dari sebuah produk. Menggunakan full overlap membuat image produk akan semakin bernilai.

Baca Juga: Ketahui 3 Tipe Box Kardus yang Beredar di Pasaran

Itulah lima jenis shipping box yang bisa Anda gunakan sebagai medium packaging dari produk Anda. Sebelum Anda menggunakan shipping box, ada baiknya ANda melakukan riset produk sehingga Anda bisa mengetahui jenis shipping box mana yang paling bagus digunakan untuk produk Anda.

Anda membutuhkan box sebagai medium packaging produk? Manuva siap membantu memenuhi kebutuhan Anda akan kemasan yang berkualitas dan terjangkau. Hubungi Tim Manuva sekarang dan kemas kesuksesan Anda.