Dunia semakin kreatif. Tidak terkecuali strategi dalam mendapatkan pelanggan dan konsumen. Kreativitas mutlak diperlukan dalam menjalankan bisnis. Kreativitas dipadukan dengan strategi yang mumpuni mampu membuat bisnis Anda sustainable dan mampu bersaing dengan kompetitor Anda, bahkan, Anda bisa menjadi the winner.

Ada banyak strategi kreatif untuk menarik atensi target market Anda. salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan karton box yang dikustomisasi. Mungkin sudah banyak owner bisnis yang menggunakan kemasan tersebut sebagai packaging produknya. Namun, rasanya jika kemasan dikustomisasi, akan terlihat jauh lebih menarik dan eye-catching, bukan?

Mengapa Karton Box Harus Dikustomisasi?

Sebelum mengetahui alasan mengapa Anda harus melakukan kustomisasi, ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu apa itu karton box, bahan dasarnya dan fungsinya.

Lantas, apa itu karton box? Kemasan ini memiliki nama lain corrugated box atau masyarakat lebih mengenalnya kardus. Kemasan ini biasa digunakan sebagai medium packaging berbagai jenis barang, mulai dari produk elektronik, souvenir, kado, makanan hingga pakaian. Dengan ukuran body yang relatif besar, packaging ini mampu menampung isian produk yang juga relatif banyak dibandingkan dengan packaging lainnya.

Baca juga: Strategi Pengadaan Kemasan untuk Pertahankan Rantai Pasokan

Bahan dasar yang digunakan dalam proses pembuatan karton box adalah kertas karton berkualitas. Anda tidak perlu khawatir kemasan packaging ini akan rusak karena kertas karton yang digunakan memiliki ketahanan dalam menjaga dan melindungi produk Anda dari ancaman eksternal seperti debu, benturan, polusi, hingga cipratan air,

Sebenarnya, kardus sudah sejak dahulu digunakan sebagai packaging pengemasan produk bisnis. Desain yang digunakan sejak dahulu pun konsisten tidak berubah, yaitu dengan warna default coklat dan berbentuk kubus. Namun, seiring berjalannya waktu, inovasi di bidang kemasan semakin kreatif.

Salah satu hal yang berkembang adalah kustomisasi kemasan. Melakukan kustomisasi semakin sering dilakukan oleh owner sebuah bisnis dalam melawan kompetitor. Kustomisasi adalah sebuah teknik menghias atau memodifikasi sebuah kemasan sesuai dengan yang dikehendaki. Biasanya, sebuah kemasan yang dikustomisasi akan dimodifikasi warnanya, bentuknya, hingga menuliskan suatu slogan, tagline dan logo di badan kemasan tersebut.

Secara penampilan, kemasan yang dikustomisasi akan terlihat jauh lebih menarik, eye-catching, unik dan modern dibandingkan dengan kemasan yang menggunakan model secara default. Dalam banyak kasus, sebuah bisnis yang melakukan kustomisasi terhadap kemasannya mengalami penjualan yang cenderung meningkat dibandingkan dengan kompetitornya yang tidak melakukan kustomisasi.

Jadi, melakukan kustomisasi terhadap kemasan Anda penting dilakukan guna meningkatkan penjualan produk dari brand Anda.

Manfaat Kustomisasi Karton Box

Selain membuat karton box menjadi semakin unik dan menarik, terdapat beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan kustomisasi.

1. Bagus untuk Promosi dan Branding

Karton box yang dikustomisasi membantu Anda ketika hendak melakukan branding. Apalagi jika brand Anda tergolong sebuah brand yang baru. Tentunya, usaha branding akan lebih mudah dengan menggunakan kemasan yang dikustomisasi. Target market Anda akan lebih mudah mengenali dan menemukan produk yang Anda tawarkan, terutama pada bagian kemasannya.

Tidak hanya itu, menggunakan kemasan yang dikustomisasi juga sering digunakan sebagai ajang promosi pengenalan suatu produk baru kepada target audience. Konsumen Anda akan lebih aware terhadap kemunculan produk baru yang Anda tawarkan sehingga hal itu berpotensi menghasilkan penjualan secara signifikan.

2. Menambah Impresi

Coba Anda bandingkan sebuah produk yang sama namun menggunakan kemasan yang berbeda. Satu produk menggunakan kemasan standar sedangkan produk lainnya menggunakan kemasan yang dikustomisasi. Secara psikologis, tentu produk yang menggunakan kemasan dikustomisasi.

Sebuah produk yang menggunakan karton box unik akan lebih menarik perhatian target audience. Karena menggunakan kemasan yang unik, produk Anda dinilai memiliki impresi lebih dibandingkan dengan produk yang sama yang dikemas dengan menggunakan kemasan standar. Impresi yang terbangun berpotensi mengarah pada konsumen yang loyal sehingga penting melakukan kustomisasi agar tercipta impresi yang bagus.

3. Pembeda dengan Kompetitor

Ini merupakan alasan utama bagi seorang pelaku bisnis melakukan kustomisasi terhadap kemasannya. Biasanya, kustomisasi dilakukan sebagai strategi dalam melakukan positioning melawan brand kompetitor. Jika Anda memiliki sebuah brand namun belum memiliki positioning yang jelas, brand Anda hanya akan menjadi sebuah komoditas dan dinilai “pasaran”. Menggunakan kemasan yang dikustomisasi bisa membantu Anda dalam melakukan positioning.

Baca juga: Keunggulan Digital Printing untuk Bisnis Anda

Manuva dapat membantu Anda dalam menyediakan karton box yang dikustomisasi. Dengan spesifikasi kemasan yang bisa Anda atur sesuai selera, Manuva merupakan partner yang tepat untuk membantu bisnis Anda. Oleh karena itu, segera hubungi Tim Tele Manuva, yuk !