Sebagai pemilik agen produk kebutuhan sehari-hari, menggunakan box kardus sebagai medium kemas merupakan salah satu cara menghadapi lonjakan permintaan menghadapi momen idul fitri 2022.

Sudah menjadi sebuah tradisi di saat menjelang ramadan dan hari raya, kebutuhan masyarakat akan melonjak secara drastis. Antusiasme masyarakat untuk menyambut momen ramadan dan hari raya biasanya dengan mempersiapkan kebutuhan sehari-hari sebaik mungkin. Bagi pebisnis atau pemilik agen yang menawarkan kebutuhan sehari-hari, tentu momentum ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin demi meningkatkan keuntungan.

Dari sisi keuntungan, Anda bisa menggunakan strategi promo atau potongan harga. Strategi ini bisa Anda gunakan dengan tujuan menarik semakin banyak pelanggan yang beli di toko Anda. Potongan harga dan promo akan meningkatkan jumlah orang yang membeli sehingga keuntungan bisa didapatkan.

Di saat permintaan akan barang kebutuhan sehari-hari meningkat, Anda sebagai pemilik toko kelontong biasanya menggunakan kemasan seperti plastik atau kemasan lainnya yang digunakan sebagai medium packaging produk. Dalam banyak kasus, kemasan yang tidak diperhitungkan justru akan berubah menjadi biaya tidak terduga. Tentunya, biaya tersebut akan mengurangi margin keuntungan Anda.

Biasanya, untuk menyiasati masalah tersebut, para pemilik agen produk sehari-hari menggunakan kemasan berupa medium packaging yang mampu menampung banyak produk di satu medium. Salah satu medium yang digunakan adalah box kardus.

Baca juga: Rekomendasi 5 Jenis Shipping Box Berkualitas

Apa itu Box Kardus?

Box kardus merupakan sebuah medium packaging berbentuk persegi panjang dengan bahan dasar kertas kraft liner. Kardus ini biasanya digunakan sebagai medium penyimpanan produk dalam jumlah banyak. Tidak heran, kardus memiliki segudang manfaat yang bisa Anda gunakan.

Bahan dasar kardus biasanya adalah kertas kraft. Warna alami kertas ini adalah coklat sehingga sebagian besar kardus memiliki warna coklat. Selain itu, kardus memiliki lapisan flute. Lapisan ini berfungsi sebagai penahan sehingga kardus mampu menahan banyak produk dan produk yang berat sekalipun.

Box kardus pada dasarnya memiliki banyak ukuran dan jenisnya. Namun, pembahasan kali ini hanya akan berfokus pada kardus yang biasa digunakan sebagai medium packaging produk kebutuhan seperti mie instan.

Manfaat Box Kardus

Jika dibandingkan dengan kemasan lainnya, box kardus memiliki beberapa kelebihan. Tidak heran, banyak pemilik agen kebutuhan sehari-hari memilih menggunakan kardus sebagai medium packagingnya dibandingkan dengan medium lain yang tersedia di pasaran. Berikut merupakan kelebihan yang dimiliki oleh kardus.

1. Harganya Murah

Ini merupakan kelebihan mutlak dari box kardus. Memang, jika dibandingkan dengan medium packaging lainnya, kardus relatif lebih murah. Untuk menghadapi lonjakan permintaan, sangat disarankan untuk menggunakan kardus. Anda bisa membelinya dalam jumlah banyak karena biasanya, rumah produksi kardus akan memberikan potongan harga jika Anda membelinya dalam jumlah banyak.

2. Dapat Memuat banyak Produk

Sudah menjadi rahasia umum bahwa banyak agen kebutuhan sehari-hari yang memilih kardus sebagai medium kemasan produk ketika menghadapi lonjakan permintaan dari masyarakat. Volume badan kardus relatif luas sehingga dapat memuat banyak produk di dalamnya.

3. Hemat Biaya

Hanya dengan satu kardus, Anda bisa memuat banyak produk. Selain efektif menghadapi permintaan lonjakan kebutuhan, kardus juga sangat efektif dalam meredam biaya tidak terduga sehingga keuntungan bisa didapatkan secara maksimal.

4. Banyak Pilihan

Di pasaran, banyak box kardus yang dijual dan dipasarkan. Anda bisa memilihnya dan disesuaikan dengan produk kebutuhan sehari-hari yang Anda tawarkan. Selain ukurannya yang bermacam-macam, kardus juga memiliki flute yang beragam. Semakin besar flute, semakin kuat kardus dalam menahan produk di dalamnya.

Baca Juga: Ketahui Kegunaan Flute Pada Corrugated Box

Demikianlah pembahasan mengenai box kardus dalam menghadapi lonjakan permintaan menjelang ramadan dan hari raya idul fitri. Pada dasarnya, kardus merupakan pilihan yang tepat dalam penggunaannya sebagai medium packaging produk.

Anda tertarik menggunakan box kardus? Tidak perlu khawatir. Manuva siap membantu Anda memasok kebutuhan akan kardus. Dengan harga yang relatif terjangkau dan bahan yang berkualitas, Manuva siap membantu Anda membangun bisnis. Hubungi Tim Manuva sekarang, yuk!