Penggunaan gelas kertas sebagai wadah minuman semakin banyak dan sering digunakan. Tidak hanya para pemilik kafe atau restoran estetik saja yang sudah menggunakannya, bahkan, penjual minuman keliling seperti starling (Starbucks keliling) pun mulai menggunakan gelas kertas sebagai wadah minuman yang mereka tawarkan.  

Dalam menjalankan bisnis minuman, biasanya terdapat beberapa jenis gelas yang digunakan sebagai wadah produk minuman yang ditawarkan oleh pemilik bisnis tersebut. Nah, salah satu gelas yang digunakan oleh pemilik bisnis minuman adalah gelas kertas.

Gelas kertas yang digunakan oleh pemilik bisnis minuman adalah jenis wadah minuman yang terbuat dari kertas atau karton khusus yang dilapisi dengan lapisan tipis polietilena atau plastik di bagian dalam dari gelas tersebut.

Baca juga: Go Green Dengan Tas Spunbond di Bulan Ramadan

Lapisan plastik pada gelas kertas tersebut berfungsi sebagai pelindung agar tidak mudah sobek atau bocor ketika minuman dimasukan ke dalam gelas, sekaligus memberikan perlindungan terhadap kontaminasi dari minuman yang disajikan. Gelas kertas biasanya dijual dalam berbagai ukuran, mulai dari ukuran kecil hingga besar, dan dapat dilengkapi dengan tutup yang terbuat dari plastik atau kertas untuk memudahkan konsumen memegang minuman dalam perjalanan. Gelas kertas juga dapat dicetak dengan logo atau desain untuk keperluan branding atau promosi produk minuman dari sebuah brand.

Penggunaan gelas plastik semakin populer sejak hadirnya kafe-kafe yang menawarkan pilihan menu minuman berbahan dasar kopi yang beragam. Minuman seperti latte, cappuccino, macha, dan lain sebagainya memang lebih pas disajikan di dalam gelas plastik untuk pilihan take-away.

Penggunaan gelas plastik juga semakin marak sejak adanya pengurangan penggunaan gelas berbahan dasar plastik demi mencegah limbah kemasan yang berpotensi merusak lingkungan. Karena desainnya yang menarik, tidak jarang pemilik bisnis makanan menggunakan gelas kertas sebagai medium branding untuk bisnisnya.

Kelebihan Gelas Kertas Dibandingkan Gelas Jenis Lainnya

Sebagai pemilik bisnis minuman, tentu Anda ingin memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen Anda. Tahukah Anda bahwa kemasan merupakan salah satu faktor terpenting yang dilihat konsumen saat memutuskan untuk membeli sebuah produk yang ditawarkan?

Dilansir dari situs Meyers, konsumen cenderung melihat kemasan atau packaging sebelum membeli sebuah produk yang ditawarkan. Semakin baik kemasan yang mewadahi sebuah produk, terutama produk makanan dan minuman, semakin percaya konsumen terhadap bisnis yang Anda jalankan.

Nah, menggunakan gelas kertas sebagai wadah produk minuman merupakan salah satu bentuk strategi dalam menarik kepercayaan dan kenyamanan konsumen terhadap bisnis Anda. Berikut ini merupakan alasan mengapa Anda harus mulai mempertimbangkan gelas plastik sebagai wadah andalan bisnis. '

1.Higienis dan Ramah Lingkungan

Gelas kertas merupakan kemasan sekali pakai, sehingga lebih higienis dibandingkan dengan gelas reusable yang dapat menyebabkan bakteri menumpuk di dalam kemasannya jika tidak dibersihkan secara tepat. Selain itu, gelas kertas dapat didaur ulang dan lebih ramah lingkungan daripada gelas plastik atau styrofoam yang sulit didaur ulang dan berpotensi merusak lingkungan.

2. Mudah digunakan dan praktis

Gelas kertas memiliki desain yang mudah digunakan dan praktis, terutama jika dilengkapi dengan tutup untuk membawa minuman dalam perjalanan atau pesanan take-away. Karena mudah digunakan dan dijual dengan ukuran yang bervariasi, gelas jenis ini sangat cocok digunakan pada bisnis minuman seperti kedai kopi, teh, atau jus buah.

3. Memudahkan Branding

Gelas kertas dapat dicetak dengan logo atau desain yang terkait dengan bisnis minuman, sehingga memudahkan branding dan promosi produk. Hal ini dapat membantu meningkatkan kesadaran merek dan menarik pelanggan baru.

4. Bahan yang mudah didapatkan

Kertas merupakan bahan yang mudah didapatkan dan tergolong murah dibandingkan dengan bahan baku kemasan lainnya, seperti gelas kaca atau gelas plastik berkualitas tinggi. Ini dapat membantu mengurangi biaya operasional bisnis minuman, sehingga bisnis yang Anda jalankan tidak boncos.

5. Estetika dan menarik

Gelas kertas dengan berbagai desain dan tekstur dapat memberikan tampilan yang menarik dan berbeda, sehingga dapat menambah nilai estetika pada minuman dan meningkatkan pengalaman konsumen Anda.

Jenis-Jenis Gelas Kertas yang Digunakan Pemilik Bisnis

Gelas kertas merupakan wadah minuman dengan berbagai macam jenis dan desain yang berbeda. Berikut ini merupakan beberapa jenis gelas kertas yang beredar dan biasa digunakan oleh para pemilik bisnis minuman.

1.Gelas kertas biasa

Ini adalah jenis gelas yang umum digunakan untuk minuman panas seperti kopi, teh, dan minuman lainnya. Gelas kertas jenis ini biasanya tidak dilapisi dengan bahan tambahan apapun.

2. Gelas kertas dengan lapisan polietilen

Gelas ini dilapisi dengan lapisan polietilen pada bagian dalamnya, umum digunakan untuk minuman dingin seperti jus, soda, dan minuman lainnya. Lapisan polietilen memberikan perlindungan agar cairan tidak merusak kertas dan menjaga kelembaban minuman.

3. Gelas kertas bergambar

Gelas jenis ini sering digunakan untuk minuman yang dijual di toko-toko, restoran, atau kafe sebagai bentuk branding atau promosi. Desain gelas ini dapat menampilkan logo, slogan, atau gambar lain yang terkait dengan merek atau produk.

4. Gelas kertas dengan tutup

Gelas jenis ini biasanya digunakan untuk minuman take-away atau minuman yang dibawa dalam perjalanan. Tutupnya berfungsi untuk menjaga minuman di dalamnya agar tidak tumpah. Bagian penutup juga berfungsi menjaga suhu minuman agar tetap stabil sehingga minuman masih layak minum meskipun didiamkan dalam waktu yang relatif lama.

5. Gelas kertas yang dapat didaur ulang

Gelas kertas yang dapat didaur ulang diproduksi dari bahan yang ramah lingkungan dan dapat didaur ulang setelah digunakan. Jenis gelas ini dapat membantu mengurangi dampak lingkungan dari limbah plastik dan kertas.

Baca juga: Alasan Kenapa Anda Harus Mulai Menggunakan Paper Bag Untuk Bisnis Anda

Anda berencana untuk menggunakan gelas kertas sebagai wadah andalan bisnis Anda? Manuva siap memenuhi kebutuhan akan gelas kertas berkualitas. Selain gelas, terdapat lebih dari 400 SKU atau kemasan yang bisa Anda pilih sebagai kemasan andalan. Anda juga bisa berkonsultasi dengan Tim Tele Manuva melalui aplikasi Whatsapp secara gratis. Lakukan pemesanan di manuva.com sekarang, yuk. Banyak promo dan diskon menarik, lho.