Kertas duplex ini sudah banyak beredar dan Anda pasti sudah sering mendengar box dengan bahan dasar kertas duplex ini. Kertas duplex adalah salah satu jenis kertas yang sering digunakan sebagai kemasan produk. Kertas duplex memiliki berbagai bentuk, tapi yang paling sering digunakan adalah kotak dan persegi panjang. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri dari kertas duplex yang harus Anda ketahui.

1. Memiliki Warna yang Khas

Kertas ini memiliki warna yang khas, pada umumnya kertas duplex memiliki 2 warna dengan sisi yang berbeda. Di bagian dalam biasanya berwarna abu-abu kecoklatan dengan tekstur yang agak kasar atau bintik-bintik yang disebabkan karena proses daur ulang, sedangkan di sisi luar memiliki warna putih glossy jika belum diberi warna.

2. Sangat Kuat Untuk Kemasan

Ciri-ciri kertas duplex lainnya yakni sangat kuat dijadikan bahan utama kemasan, kertas duplex ini sering juga disebut sebagai jenis karton yang sangat kuat. Maka tidak heran jika permintaan pasar akan kertas duplex ini sangat meningkat, karena bisa melindungi produk yang Anda jual misalnya smartphone atau barang elektronik lain yang membutuhkan perlindungan lebih, bahkan kertas duplex ini lebih kuat dari bahan kardus biasa.

3. Hasil Daur Ulang

Percaya atau tidak ternyata kertas duplex merupakan hasil daur ulang. Maka dari itulah kenapa kertas duplex sebagai bahan ramai lingkungan yang bisa membantu mengurangi sampah kertas. Kertas-kertas yang tertumpuk dan sudah digunakan akan didaur oleh beberapa perusahaan daur ulang dan salah satu hasilnya adalah kertas duplex.

4. Memiliki Tingkat Ketebalan yang Berbeda

Ciri lain dari kertas duplex yakni memiliki ketebalan yang berbeda, dalam hal ini yang dimaksud adalah berat dari ukuran kertasnya. Kertas duplex memiliki berbagai jenis berat dimulai dari yang paling ringan adalah 250gr dan yang paling berat berada di kisaran 500gr.

Jika Anda ingin menggunakan kemasan dengan bahan dasar kertas duplex, maka harus mengetahui spesifikasi dari kertas duplex yang diinginkan. Untuk mengetahui berbagai kemasan dengan bahan dasar kertas duplex, Anda bisa melihat langsung di website Manuva. Sesuaikan ukuran dan berat kertas duplex sesuai dengan produk yang akan Anda jual. Dan Anda juga harus tahu bagaimana cara memilih kertas duplex yang baik untuk digunakan, berikut ini adalah tips untuk memilih kertas duplex yang baik.

1. Pahami Sifat Kertas Duplex

Cara memilih kertas duplex dengan baik yang perlu Anda lakukan pertama kali adalah mempertimbangkan kekakuan kertasnya (stiffness), kemudian kepadatan dari kertas itu sendiri (substance), selanjutnya adalah ketebalan dari kertas (thickness), serat karton (grain direction) dari kertas duplex yang Anda inginkan juga perlu diperhatikan dan terakhir adalah tingkat kelembapan (moisture), kecerahan (brightness), dan kelembutan (smoothness) sangan penting untuk diperhatikan.

2. Sesuaikan Dengan Desain Kemasan

Hal kedua yang paling penting adalah, Anda harus menyesuaikan sifat dari kertas duplex di atas dengan desain yang akan Anda terapkan pada kertas duplex itu sendiri. Karena jika tidak sesuai, Anda akan kesulitan untuk mencetak desain pada kertas duplexnya.

3. Sesuaikan Dengan Produk yang Dijual

Dan yang paling penting adalah, Anda harus menyesuaikan kertas duplex dengan produk yang akan Anda jual. Jika barang yang Anda jual adalah barang pecah belah, maka harus menggunakan kertas duplex yang paling tebal supaya bisa melindungi barang tersebut dengan baik, selain itu juga harus diberi kertas di dalamnya agar padat dan memberikan perlindungan lebih pada barang pecah belah tersebut.

Itulah beberapa ciri-ciri dari kertas duplex yang harus Anda ketahui sebelum menentukan kertas duplex mana yang akan Anda gunakan sebagai bahan dasar kemasan. Dan Anda juga harus mengerti bagaimana cara memilih kertas duplex yang tepat agar sesuai dengan produk yang akan dijual.

Kini Anda bisa mendapatkan kemasan dengan bahan dasar kertas duplex dengan mudah dibeberapa distributor kemasan, Anda juga bisa mendapatkannya dengan cara online hanya di Manuva.