Bulan ramadan merupakan bulan penuh berkah. Tentu istilah tersebut bukan hanya hiasan belaka. Faktanya, menjelang bulan ramadan, berbagai jenis bisnis, khususnya bisnis makanan meningkat pesat. Kebutuhan masyarakat akan makanan meningkat, khususnya menjelang berbuka puasa. Tidak hanya jenis makanan berat yang laku keras, makanan berupa kue atau  jajanan pun sangat diminati oleh masyarakat.

Bagi Anda pemilik bisnis makanan ringan dan jajanan, momentum ramadan tidak bisa dilewatkan begitu saja. Pasalnya, jika dimanfaatkan dengan baik, keuntungan penjualan akan meningkat drastis. Tentunya, diperlukan strategi khusus untuk menghadapi lonjakan permintaan akan jajanan selama bulan ramadan.

Baca juga: 4 Fungsi Karton Box yang Harus Kamu Ketahui!

Salah satu strategi yang umum digunakan oleh pebisnis makanan ringan dan jajanan adalah dengan memberikan promo, misalnya buy 1 get 1 atau potongan harga untuk produk tertentu. Memang memberikan promo merupakan salah satu instrumen dalam strategi meningkatkan penjualan. Namun, terdapat strategi lain yang bisa Anda gunakan, yaitu menggunakan cetak kemasan makanan.

Mengapa Cetak Kemasan Makanan Penting?

Umumnya, para pemilik bisnis makanan ringan dan jajanan menjalankan strategi promo dalam menarik minat pelanggan di momentum ramadan. Namun, strategi menggunakan cetak kemasan makanan juga patut Anda pertimbangkan untuk digunakan dalam menarik konsumen lebih banyak. Lebih dari itu, menggunakan kemasan yang unik akan membuat produk Anda lebih bersaing dengan produk kompetitor.

Kemasan memainkan peran penting dalam meningkatkan penjualan. Hal ini cukup masuk akal mengingat kemasan merupakan hal yang pertama kali terlihat oleh konsumen sebelum membeli sebuah produk tertentu. Kemasan juga membuat sebuah produk lebih bernilai dibandingkan dengan produk yang ditawarkan kompetitor.

Di tengah persaingan bisnis makanan di momen ramadan, kemasan bisa menjadi sebuah strategi yang berpotensi meningkatkan penjualan. Kombinasi antara promo dan penggunaan kemasan merupakan salah satu cara terbaik dalam marketing. Oelh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan untuk menggunakan kemasan demi meningkatkan penjualan.

Rekomendasi Cetak Kemasan Makanan Berdasarkan Jenis Makanannya

Terdapat berbagai makan jenis cetak kemasan makanan yang tersedia di pasaran. Dalam memilihnya, Anda perlu menyesuaikan dengan jenis makanan atau minuman yang Anda tawarkan kepada konsumen. Salah memilih kemasan justru akan berdampak buruk kepada keberlangsungan bisnis Anda. Untuk itu, berikut merupakan rekomendasi cetak kemasan makanan yang disesuaikan dengan jenis makanan atau minumannya.

1.Minuman Dingin dan Es Campur

Untuk penjual minuman berupa minuman segar, kemasan yang digunakan cukup sederhana dan simple, yaitu berupa gelas plastik dengan penutupnya. Gelas plastik merupakan kemasan yang sangat umum digunakan oleh para penjual minuman segar. Dengan bahan dasar plastik dan adanya penutup, membuat kemasan nyaman digenggam.

Baca juga: 6 Tempat Kemasan Makanan Kekinian yang Bikin Cuan!

Rekomendasi kemasan lainnya untuk produk minuman berupa es campur adalah paper bowl. Kemasan ini memiliki ukuran volume yang relatif besar sehingga mampu menampung jenis makanan seperti es campur atau sup buah. Meskipun berbahan dasar kertas, namun paper bowl cukup kuat menahan cairan.

2. Bubur dan Kolak

Untuk jenis makanan bubur dan kolak, kemasan yang direkomendasikan berupa paper bowl. Jenis makanan ini memang lebih sering disajikan dalam kemasan yang lebar dan besar. Paper bowl merupakan kemasan yang tepat digunakan sebagai medium makanan ini ketika dinikmati. Beberapa penjual menggunakan plastik glass untuk menyajikan kolak dan bubur. Namun, paper bowl lebih menarik dan dipilih oleh banyak penjual.

3. Gorengan

Gorengan bisa dikatakan sebagai hidangan wajib menu berbuka puasa. Tidak heran hampir di setiap jalan, Anda akan menemukan penjual gorengan ketika menjelang berbuka. Untuk jenis makanan ini, beberapa jenis kemasan bisa Anda gunakan, seperti snack box, paper bag hingga.

Kemasan snack box memiliki volume yang luas sehingga mampu menampung banyak jenis gorengan di dalamnya. Adanya bagian penutup membuat makanan jauh lebih aman terlindungi di dalamnya. Selain snack box, paper bag juga umum digunakan sebagai cetak kemasan makanan untuk gorengan. Paper bag digunakan sebagai kemasan gorengan karena mudah dibawa.

4. Makanan Berat dan Berkuah

Untuk makanan berat seperti nasi, beberapa jenis kemasan bisa digunakan seperti snack box, paper lunch, food pail, lunch box hingga paper bowl. Kemasan-kemasan tersebut cocok digunakan untuk jenis makanan berat karena memiliki volume yang luas dan ketahanan yang bagus. Sedangkan untuk makanan yang berkuah, paper bowl merupakan pilihan yang sangat tepat.

Itulah pembahasan mengenai rekomendasi cetak kemasan makanan untuk bisnis kuliner di momen ramadan. Sebagai pemilik bisnis kuliner, Anda harus pandai dalam menentukan jenis kemasan yang tepat dengan jenis makanan yang Anda tawarkan. Jangan sampai, Anda menggunakan kemasan yang salah untuk jenis makanan tertentu.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan kemasan untuk produk kuliner Anda, Manuva siap membantu Anda. dengan dukungan lebih dari 50 vendor rumah produksi kemasan, Manuva siap membantu Anda menjalankan bisnis kuliner dengan menyediakan cetak kemasan makanan berkualitas. Segera hubungi Tim Manuva dan kemas produk Anda.