Paper bag atau tas kertas kini sudah menjadi wadah atau pembungkus yang sangat banyak digunakan oleh para pelaku bisnis di bidang fashion hingga kuliner. Selain itu, paper bag juga digunakan sebagai medium kemas untuk produk lainnya seperti souvenir, makanan, produk elektronik, hingga cendramata.

Paper sudah terbukti sebagai wadah yang lebih ramah lingkungan untuk digunakan. Namun, tidak semua paper bag aman untuk digunakan sebagai wadah untuk membawa makanan, karena ada paper bag yang dilapisi dengan plastik agar terlihat lebih mewah.

Baca juga: 4 Tips Pengemasan Produk yang Efektif

Oleh karena itu, mengetahui jenis kertas yang digunakan sebagai bahan dasar pembuat paper bag sangatlah penting. Berikut ini merupakan beberapa jenis kertas yang umum digunakan sebagai bahan dasar pembuatan paper bag atau tas plastik.

1. Kertas Ivory

Bahan kertas ivory ini cukup tebal dan memiliki permukaan yang licin pada satu sisi. Biasanya permukaan yang licin ini menjadi bagian depan pada paper bag. Untuk ketebalan dari kertas ivory biasanya mulai dari 210-260 gsm.

Maka dari itu, kertas ivory ini cocok untuk dijadikan bahan dasar pembuatan paper bag karena kuat untuk membawa barang yang cukup berat.

2. Kertas Art Carton

Bahan art carton ini hampir sama seperti kertas ivory, memiliki permukaan yang halus serta berwarna putih cerah dan tekstur yang licin di kedua permukaannya. Gramatur atau ketebalan kertas art carton ini mulai dari 190-310 gsm.

Sangat banyak pelaku bisnis memilih paper bag dengan bahan kertas art carton ini, karena hasil cetak sangat memuaskan. Selain karena lebih bagus, penggunaan kertas jenis art carton lebih membuat paper bag terasa kokoh digunakan sebagai medium kemas produk.

3. Kertas Kraft

Kertas ini berbeda dari kedua bahan yang sebelumnya sudah dibahas. Dari segi warna pun sudah berbeda, karena kertas kraft ini memiliki warna coklat. Paper bag dengan bahan dasar kertas kraft ini juga banyak diminati pelaku bisnis karena sifatnya yang ramah lingkungan dan mudah untuk didaur ulang.

Untuk Anda yang membutuhkan paper bag dengan kesan yang klasik tapi tetap menarik, silakan memilih paper bag dengan bahan kertas kraft ini. Untuk gramatur dari kertas kraft coklat ini mulai dari 125-200 gsm. Ada juga kertas kraft yang berwarna putih, dan memiliki gramatur atau ketebalan kertas 150gsm.

4. Kertas Art Paper

Bahan kertas ini didominasi warna putih dan licin di bagian luar dan dalam. Jika dibandingkan dengan kertas art carton, kertas ini lebih tipis namun memiliki permukaan yang lebih halus. Gramatur dari kertas art paper ini berkisar antara 100-150gsm. Selain menjadi paper bag, kertas art carton biasanya digunakan untuk kalender dan brosur.

Baca juga: Rekomendasi Box Kardus Untuk Menyambut Ramadhan 2022

Nah itulah beberapa jenis kertas yang banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan paper bag, dan pastinya aman untuk makanan. Yang tidak aman untuk makanan adalah apabila kertas tersebut didaur ulang dan dilapisi oleh plastik.

Manuva siap membantu Anda memenuhi kebutuhan akan paper bag, tas spunbond, dan medium kemas lainnya. Selain itu, Manuva juga menyediakan kemasan dan plastik untuk beragam keperluan. Kunjungi Manuva sekarang dan pesan paper bag sesuai kebutuhan Anda, yuk!