Paperboard, atau kertas karton tebal, menjadi salah satu material yang paling banyak digunakan untuk membuat packaging box. Selain karena memiliki ketahanan yang cukup kuat, paperboard juga aman digunakan sebagai kemasan makanan. Di pasaran, setidaknya ada enam jenis paperboard yang kerap dipakai untuk kebutuhan packaging box. Berikut perbedaan jenis-jenis tersebut.

Coated unbleached kraft

Coated unbleached kraft, dikenal juga dengan sebutan CUK, merupakan jenis paperboard yang terbuat dari 80% serat kraft natural tanpa proses unbleach. Itulah kenapa umumnya kertas CUK hadir dalam warna cokelat natural. Untuk meningkatkan permukaan cetak, biasanya CUK dilapisi secara tipis dengan kaolin.

Khusus untuk kertas CUK yang digunakan sebagai box packaging makanan, biasanya akan ditambah pula lapisan polietilen (PE). Tujuannya adalah menambah kekuatan untuk keadaan makanan basah. Umumnya, jenis paperboard satu ini dipakai untuk kemasan karton susu, makanan beku (frozen food), dan produk-produk farmasi atau kecantikan.

Baca juga: Pilihan Cetak Packaging di Momen Ramadan

SBS

Merupakan singkatan dari solid bleached sulfate, SBS dikenal sebagai paperboard yang memiliki permukaan berlapis tipis clay. Adanya lapisan tersebut memungkinkan Anda untuk mendapatkan hasil cetakan berkualitas baik pada SBS. Tak hanya itu, tekstur permukaannya juga cenderung halus berkat adanya lapisan serat kayu keras (hardwood) alami.

Lapisan-lapisan lainnya terbuat dari serat kayu lunak (softwood) alami atau campuran antara hardwood dan softwood. Hadir dalam bentuk lembaran putih bersih, umumnya SBS banyak dipakai sebagai packaging box untuk banyak produk high-end. Beberapa contoh produk yang kerap dikemas menggunakan SBS adalah kosmetik, daging, susu, es krim, dan frozen food.

Coated recycled paperboard

Sesuai namanya, coated recycled paperboard memang dibuat dari serat hasil daur ulang. Serat-serat daur ulang ini biasanya didapatkan dari pabrik kertas. Idealnya, bagian atas coated recycled paperboard dilapisi dengan serat putih dengan finishing lapisan clay untuk meningkatkan kualitas permukaan cetak. Anda bisa menggunakan coated recycled paperboard sebagai packaging box untuk produk makanan kering seperti pasta, roti kering seoerti biskuit atau cookie, tisu, serta sabun dan deterjen.

Folding carton

Di Indonesia, folding carton lebih familiar disebut dengan karton atau kardus lipat yang terbuat dari bahan utama cylinder board. Cylinder board ini memiliki beberapa lapisan, bagian tengahnya biasanya terbuat dari aneka kertas daur ulang. Sementara itu, kedua sisi lainnya dibuat menggunakan kertas koran murni. Agar folding carton punya struktur yang lebih keras, maka diberi lapisan polivinil klorida (PVC) dan selulosa asetat yang diplastisasi. Hasilnya, permukaan cetak pun jadi terlihat lebih halus.

Karena karakteristiknya itu, folding carton pun cukup mudah untuk dibentuk sehingga banyak yang menggunakannya sebagai packaging box. Beberapa model dasar dari packaging box yang paling sering digunakan adalah lipatan lurus, lipatan terbalik (reverse tuck), perekatan ujung (seal end), dasar menutup sendiri (auto-lock bottom), dan perkakas dasar (hardware bottom).

Corrugated paper

Paperboard satu ini merupakan karton dengan bentuk gelombang yang terbuat dari satu atau beberapa lembar kertas kraft liner dan kertas medium untuk lapisan gelombangnya. Berkat adanya lapisan gelombang, corrugated paper pun mampu menahan beban cukup berat. Itulah kenapa ia cocok menjadi packaging box untuk produk berat, khususnya untuk keperluan kemasan distribusi. Umumnya, semakin banyak lapisan gelombangnya, maka semakin kuat pula ketahanan corrugated paper.

Kertas komposit

Kertas komposit merupakan jenis paperboard yang diolah bersama dengan bahan baku kemasan lain, contohnya logam dan plastik. Tujuannya untuk memperbaiki kekuatan bahan sehingga mampu memperbaiki daya rapuh dan daya kaku. Campuran kertas dan logam dibentuk menjadi semacam kaleng, yang disebut juga dengan kaleng komposit.

Baca juga: Peran Industri Cetak Kemasan dalam Membantu UMKM di Indonesia

Di pasaran, setidaknya ada tiga jenis kaleng kertas komposit, yaitu bentuk cuping dijahit (lap seam), spiral, dan komposi gulung (convolute). Umumnya, kaleng komposit ini digunakan sebagai packaging box untuk kotak cokelat, sup kering, wadah bumbu, hingga bahan kimia dan obat-obatan.

Banyaknya jenis paperboard membuat material satu ini kerap dijadikan packaging box untuk berbagai produk. Jika Anda berencana membuat packaging box dari paperboard, tapi masih bingung menentukan bentuk dan desain, Anda bisa segera hubungi Manuva untuk  menemukan desain yang pas dan mulai mencetak packaging box dengan kualitas terbaik!