Ada banyak kemasan yang beredar namun kemasan pouch masih menjadi salah satu kemasan terpopuler yang digunakan saat ini. Selain desainnya yang unik, kemasan ini juga bisa bungkus banyak jenis makanan, lho.

Beragamnya jenis kemasan makanan di pasaran saat ini pasti membuat Anda bingung, jenis kemasan apa yang hendaknya digunakan untuk mengemas makanan Anda; kemasan yang bisa digunakan tidak hanya untuk bisnis, tapi juga untuk keperluan sehari-hari.

Mulai dari lunch box, paper bowl, hingga snack box. Beragam sekali kemasan makanan saat ini yang tersedia. Namun, ada satu kemasan yang bisa Anda manfaatkan untuk mengemas makanan tanpa ribet dan tidak terlalu makan tempat; kemasan pouch.

Baca juga: Apa Saja Makanan Kemasan yang Laku dan Diburu Konsumen?

Kemasan pouch adalah jenis kemasan yang terbuat dari bahan fleksibel seperti plastik atau aluminium foil yang dirancang dalam bentuk kantung dengan segel di sisi atasnya. Kemasan pouch umumnya memiliki bagian bawah yang melebar sehingga kemasan bisa diposisikan berdiri.

Keunggulan Kemasan Pouch

Dibandingkan dengan kemasan lainnya, kemasan standing pouch memiliki beberapa keunggulan yang patut Anda pertimbangkan. Berikut ini merupakan beberapa keunggulannya:

1.Fleksibel

Keunggulan kemasan standing pouch dibandingkan kemasan lainnya ang beredar di pasaran adalah fleksibilitasnya. Kemasan pouch ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dan memakan banyak tempat. DIgenggampun tidak terlalu berat dan tetap nyaman.

2. Ringan dan Mudah DIbawa

Karena terbuat dari bahan plastik, kemasan pouch relatif ringan dibawa ke mana pun hanya menggunakan 1 tangan sekalipun. Biasanya, banyak pemilik bsnis cemilan dan oleh-oleh kue ringan menggunakan kemasan ini. Hal ini dimaksudkan agar makanan tahan lama dan aman dibawa dalam perjalanan jauh.

3. Membuat Makanan lebih Awet

Bahan kemasan pouch biasanya mampu melindungi produk makanan dari chaya, oksigen, kelembaban, dan polusi yang dapat merusak kualitas produk makanan di dalamnya. Bahan dasar kemasan standing pouch memungkinkan kemasan menjadi kedap udara, sehingga kerenyahan makanan tetap terjaga.

4. Desain Menarik

Kemasan pouch memiliki area melebar di bagian bawahnya dengan bagian atas yang biasanya difungsikan sebagai penutup. Bagian penutup memiliki konsep flip sehingga mudah dibuka dan ditutup. Bandingkan dengan kemasan cemilan lainnya, misalnya kemasan snack, yang harus dirobek dahulu untuk membuka dan menikmati cemilannya.

Jenis-Jenis Kantong Pouch

Sebagai kemasan makanan, kemasan pouch memiliki peran dalam mempertahankan dan menjaga mutu makanan sehingga makanan tetap enak meskipun disimpan di dalam kemasan dalam jangka waktu yang relatif lama.

Baca juga: Punya Bisnis Rumahan: Perlu Cetak Kemasan Sendiri Gak Ya?

Selain itu, bagi Anda yang hendak menggunakan kemasan standing pouch untuk menunjang aktivitas bisnis cemilan dan makanan ringan, memilih kemasan ini merupakan pilihan yang tepat.

Karena standing pouch sangat pas dan tepat digunakan untuk branding bisnis Anda. Kemasan akan menjadi hal pertama yang dilihat oleh konsumen saat mereka melihat produk makanan Anda. Oleh karena itu, menggunakan standing pouch sangat disarankan untuk membangun bisnis.

Di pasaran, ternyata standing pouch memiliki beberapa jenis, lho. Perbedaan kemasan terletak di desain dan fungsinya. Berikut ini merupakan jenis-jenis kemasan standing pouch yang ada di pasaran:

1.Pouch Nylon

Jenis kemasan pouch yang pertama adalah pouch nylon. Kemasan pouch jenis ini memiliki lapisan yang relatif lebih tebal dibandingkan dengan jenis pouch lainnya. Karena memiliki lapisan yang lebih tebal, alhasil pouch nylon lebih berat dibandingkan dengan jenis kemasan pouch lainnya.

Selain memiliki lapisan yang lebih tebal, kemasan ini juga kedap udara dan tidak mudah bocor. Pouch nylon merupakan contoh desain kemasan standing pouch yang cocok untuk mengemas produk cair seperti zat kimia, minyak goreng. Kelebihan lainnya dari kemasan pouch nylon adalah bahannya yang tahan panas sehingga bisa dipanaskan (divakuum). Banyak pemilik bisnis makanan beku (frozen food) yang menggunakan pouch ini.

2. Pouch Bening

Ciri utama dari kemasan standing pouch bening adalah lapisan yang transparan dan tanpa warna. Sehingga, makanan yang dikemas di dalamnya terlihat dengan sangat jelas. Pouch bening sangat pas digunakan untuk mengemas makanan cemilan seperti kacang, makaroni, basreng, dan cemilan ringan lainnya yang biasa dijual menjadi oleh-oleh.

3. Paper Pouch

Pouch jenis ini merupakan jenis pouch yang cukup jarang digunakan namun secara perlahan mulai ramai digunakan. Dibandingkan dengan jenis pouch lainnya, jenis paper pouch merupakan kemasan yang paling unik. Lapisan luar kemasan dilapisi kertas kraft, sedangkan bagian dalam dilapisi aluminium foil. Kemasan paper pouch lebih umum digunakan untuk mengemas biji kopi. Kemasan ini juga bisa digunakan untuk mengemas jenis makanan lainnya.

4. Aluminium Foil

Sesuai dengan namanya, kemasan ini memiliki bahan dasar dari aluminium foil. Kelebihan dari kemasan jenis ini adalah kedap udara, tidak mudah bocor, dan bisa di sablon dengan logo brand Anda. Kemasan jenis ini biasanya digunakan untuk mengemas kerupuk, biskuit, teh, kopi, dan masih banyak lagi.

Makanan yang Pas Dikemas dengan Kemasan Pouch

Soal jenis makanan yang pas dan cocok dikemas dengan menggunakan kemasan pocu, sebagian sudah dibahas di bagian sebelumnya mengenai jenis-jenis kemasan pouch.

Ada banyak jenis makanan yang cocok untuk dikemas dalam kemasan standing pouch. Berikut ini adalah beberapa contoh makanan yang umum dikemas dalam kemasan pouch:

1.Snack

Makanan ringan seperti keripik, kacang, biskuit, coklat, dan permen cocok dikemas dalam kemasan pouch. Kemasan ini dapat menjaga kelembaban dan kerenyahan makanan, serta mudah dibawa dan disimpan.

2. Makanan atau Cemilan Ringan

Granola, muesli, trail mix, atau campuran kacang-kacangan dan buah kering bisa dikemas dalam kemasan standing pouch. Kemasan ini dapat menjaga kelembaban dan kualitas makanan dalam jangka waktu yang lebih lama.

3. Saus/Kecap

Saus tomat, saus BBQ, saus pasta, atau saus salad dapat dikemas dalam kemasan pouch yang dapat berdiri sendiri. Pouch ini memudahkan penyimpanan dan penggunaan ulang sisa saus dengan cara yang lebih praktis.

4. Minuman Instan

Minuman bubuk seperti kopi instan, susu bubuk, teh, coklat panas, atau minuman rasa lainnya yang sering dikemas dalam kemasan pouch. Standing pouch memudahkan pengukuran dan penyajian minuman.

5. Sup Instan Siap Saji

Sup instan dalam bentuk bubuk atau kering juga cocok dikemas dalam kemasan pouch. Kemasan pouch dapat menjaga kesegaran dan kualitas bahan-bahan sup, serta memudahkan konsumen untuk membawa dan menyimpannya.

6. Bumbu Kering

Bumbu kering seperti bumbu masak, rempah-rempah, atau campuran bumbu serbaguna dapat dikemas dalam kemasan pouch. Pouch yang dapat berdiri sendiri memudahkan akses dan penyimpanan bumbu.

Demikianlah pembahasan mengenai jenis-jenis makanan yang pas dan cocok dikemas menggunakan kemasan pouch. Sebagai salah satu kemasan makanan yang populer digunakan, kemasan pouch memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan kemasan yang beredar saat ini.

Selain itu, kemasan ini juga fleksibel dan dapat digunakan untuk beragam keperluan, baik itu untuk bisnis maupun untuk keperluan rumah tangga dan keperluan sehari-hari.

Butuh kemasan pouch berkualitas? Manuva siap memenuhi kebutuhan Anda. Kunjungi toko kemasan & plastik terdekat, yuk!