Anda memiliki sebuah bisnis? Selain menawarkan produk yang berkualitas, ada baiknya Anda juga memikirkan dan memilih box produk untuk packaging terhadap produk yang Anda tawarkan. Pasalnya, kemasan semakin memainkan peran penting dalam meningkatkan penjualan.

Dahulu, kemasan hanya digunakan sebagai medium pelindung dari sebuah produk yang dipasarkan. Sebuah kemasan digunakan agar menjaga kualitas dari sebuah produk. Apapun produknya, baik produk makanan, produk pakaian, produk komoditas sehari-hari hingga kue cemilan, sebuah kemasan digunakan agar produk tetap memiliki kualitas.

Seiring berjalannya waktu, terjadi evolusi dari kegunaan kemasan atau packaging. Sebuah packaging tidak hanya berfungsi sebagai medium pelindung saja. Lebih dari itu, sebuah kemasan saat ini memainkan peran penting dalam meningkatkan penjualan produk.

Baca juga: Rekomendasi Box Kardus Untuk Menyambut Ramadhan 2022

Mengapa Packaging Penting?

Era sosial media membuat penampilan dan penampakan menjadi sangat penting. Tidak hanya manusia, tetapi sebuah produk didesain sedemikian rupa agar menarik perhatian karena penampilan merupakan segalanya. Atas dasar itulah sebuah kemasan berubah fungsinya.

Berbeda dengan dahulu di mana sebuah packaging hanya berfungsi sebagai medium pelindung, saat ini, sebuah kemasan tidak hanya berfungsi sebagai medium pelindung. Sebuah packaging atau kemasan dibuat dan didesain dengan warna, bentuk hingga model yang menarik.

Hal ini bertujuan agar sebuah kemasan dapat menarik perhatian target audience. Pasalnya, hampir semua brand menggunakan sosial media yang dimiliki sebagai “toko online”. Sebagian besar brand akan memajang produk yang mereka tawarkan menggunakan sosial media. Oleh karena itu, desain kemasan yang unik akan dipilih agar target audience tertarik untuk setidaknya melihat-lihat.

Kemasan merupakan bagian pertama yang akan dilihat oleh audience ketika mereka mulai tertarik dengan suatu produk. Semakin bagus dan baik sebuah kemasan, semakin besar potensi target audience untuk membelinya. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan kemasan atau packaging yang menarik, eye-catching dan unik.

Inspirasi Box Produk sebagai Packaging

Di pasaran, terdapat banyak jenis dan model packaging yang bisa Anda gunakan sebagai medium kemas produk Anda. Memilih kemasan memang tidak bisa asal saja dilakukan. Diperlukan riset mengenai jenis produk yang Anda tawarkan, produk kompetitor hingga target audience yang Anda tuju. Berikut merupakan beberapa jenis kemasan yang bisa Anda jadikan sebagai inspirasi dalam memilih packaging untuk produk yang Anda tawarkan.

1. Shipping Box

Shipping box merupakan sebuah packaging berbentuk kardus berbentuk kubus. Packaging ini memiliki warna dasar coklat yang memberikan kesan vintage. Selain itu, kardus ini juga memiliki berbagai jenis ukuran yang variatif. Anda bisa memilihnya sesuai jenis produk yang Anda tawarkan.

Biasanya, shipping box digunakan sebagai medium packaging untuk produk seperti elektronik, souvenir hingga digunakan sebagai aktivitas sehari-hari seperti membawa barang rumahan. Kardus ini memiliki lapisan yang relatif tebal sehingga dapat membantu melindungi barang atau produk di dalamnya. Agar terlihat lebih menarik, Anda bisa melakukan kustomisasi.

2. Karton Box

Sejatinya, karton box memiliki model yang nyaris mirip dengan shipping box. Yang membedakan di antara keduanya adalah shipping box memiliki satu model bentuk, yaitu kubus sedangkan karton box memiliki bentuk yang lebih variatif lagi, mulai dari kubus, persegi panjang hingga kotak pipih.

Karton box biasanya digunakan sebagai packaging produk dengan ukuran kecil hingga medium. Selain itu, packaging ini juga digunakan sebagai kemasan produk yang memiliki berat ringan hingga sedang.

3. Corrugated Box

Corrugated box memiliki desain yang juga mirip dengan shipping box. Yang membedakannya adalah corrugated box memiliki lapisan yang lebih tebal. Biasanya, kardus ini memiliki dua lapisan minimal. Lapisan ini membuat kardus ini jauh lebih aman digunakan sebagai medium penyimpanan.

Sama seperti kardus lainnya, corrugated box memiliki warna dasar coklat polos. Warna dasar ini membuat penampilan kardus ini terlihat vintage, modern dan tidak membosankan. Anda juga bisa melakukan kustomisasi jika ingin membuat kardus ini memiliki tampilan yang lebih menarik.

4. Paper Lunch Box

Bagi pemilik bisnis makanan, paper lunch box mungkin sudah sangat tidak asing lagi. Pasalnya, kemasan ini sudah menjadi pilihan bagi owner bisnis makanan sebagai wadah untuk produk makanan yang digunakan. Bentuknya yang unik dan mampu tahan terhadap air dan minyak membuat kemasan ini banyak dipilih sebagai medium kemas makanan.

Selain itu, body kemasan yang relatif besar membuat kemasan ini dapat memuat banyak makanan. Adanya bagian penutup membuat makanan terlindungi dengan baik dari debu, kotoran hingga polusi udara. Seperti kemasan lainnya, Anda juga bisa melakukan kustomisasi di packaging ini agar terlihat lebih menarik dan unik.

5. Pizza Box

Terakhir, kemasan untuk pizza, yaitu pizza box. Kemasan ini memang khusus diperuntukan untuk jenis makanan pizza. Meskipun pizza bukan merupakan makanan asli Indonesia, namun makanan asli Italia ini sangat populer di Indonesia. Dari mulai tua hingga muda sangat menyukai dan tahu apa itu pizza. Karena populer, banyak owner bisnis makanan yang juga memasukan jenis makanan ini ke dalam menu hidangan mereka.

Umumnya, pizza box memiliki bentuk persegi pipih. Namun, seiring berjalannya waktu, pizza box juga memiliki bentuk yang lebih variatif dan unik. Jika Anda memiliki bisnis makanan dan menawarkan pizza di dalam menu, menggunakan kemasan untuk pizza merupakan hal wajib.

Baca juga: Strategi Pengadaan Kemasan untuk Pertahankan Rantai Pasokan

Itulah beberapa inspirasi desain box produk untuk packaging yang bisa Anda gunakan. Menggunakan kemasan dewasa ini merupakan hal yang sangat penting. Apalagi jika Anda terjun ke sebuah bidang yang memiliki persaingan yang cukup ketat dan kompetitif. Menggunakan kemasan bisa menjadi salah satu strategi dalam melawan kompetitor.

Manuva siap membantu Anda untuk menyediakan box produk untuk packaging dengan bahan yang berkualitas, proses yang transparan dan harga yang kompetitif. Manuva siap membantu Anda melalui penyediaan kemasan yang berkualitas karena kepercayaan Anda adalah segalanya. Segera hubungi Tim Tele Manuva dan kemas kesuksesan Anda.