Butuh paper bag? Bikin aja sendiri di rumah. Bahan-bahan yang dibutuhkan cenderung mudah didapatkan. Ikuti langkah-langkah berikut yuk!

Paper bag merupakan salah satu jenis kantong tas yang populer menggantikan kantong plastik. Dibandingkan kantong plastik, paper bag atau tas kertas memang memiliki beberapa keunggulan.

Baik kebutuhan bisnis maupun untuk kebutuhan sehari-hari, paper bag bisa digunakan untuk menunjang segala aktivitas. Penggunaan tas ini pun semakin ramai oleh banyak brand. Mulai dari mengemas makanan, pakaian, elektronik, hingga kebutuhan belanja harian bisa mengandalkan tas kertas ini.

Baca juga: Rekomendasi Packaging Makanan Pilihan Agar Tampilan Lebih Menarik

Salah satu keunggulan dari paper bag dibandingkan kantong belanjaang lainnya adalah bisa dibuat di rumah secara sederhana. Bahan yang dibutuhkan pun tidak terlalu ribet dan banyak.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat paper bag di rumah, Anda harus menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Untuk bahan-bahannya mudah didapatkan dan tidak sulit untuk dicari. Bahan-bahan penunjang untuk pembuatan paper bag juga cenderung ramah lingkungan.

Berikut ini merupakan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat paper bag di rumah:

1.Kertas Kraft atau Kertas Manila

Kertas ini akan menjadi bahan dasar dari paper bag. Pilihlah kertas kraft atau kertas manila karena keduanya memiliki daya tahan yang baik. Keduanya juga mampu menahan berat produk dengan lebih kuat daripada kertas biasa. Kertas ini juga mudah didaur ulang dan dapat dihias kalau Anda mau.

2. Lem

Berikutnya adalah lem. Lem digunakan untuk menyusun bagian-bagian bahan agar menjadi paper bag yang solid dan kuat saat digunakan. Pastikan untuk menggunakan lem kertas berkualitas, bebas bahan kimia berbahaya dan ramah lingkungan.

3. Pensil, Penggaris, dan Gunting

Alat-alat ini akan membantu Anda dalam proses pengukuran, pemotongan, dan penandaan pola pada kertas. Pastikan gunting yang Anda gunakan cukup tajam dan akurat untuk menghasilkan potongan kertas yang rapi dan tidak berantakan.

4. Pemotong Kertas

Agar proses pemotongan kertas cepat, Anda bisa juga menyiapkan alat pemotong kertas. Alat ini memungkinkan Anda untuk menghasilkan potongan kertas dengan tepi yang rata dan tidak berantakan.

5. Dekorasi dan Hiasan

Anda bisa menambahkan dekorasi pada paper bag Anda. Beberapa dekorasi dan hiasan yang bisa Anda gunakan di antaranya adalah stiker, pita kertas, kain, atau bahan ornamen lainnya sesuai dengan gaya yang Anda inginkan.

Langkah-langkah Membuat Paper Bag

Setelah Anda menyiapkan semua bahannya, Anda bisa langsung mengikuti langkah-langkah berikut

Langkah 1: Menentukan Ukuran dan Desain Paper Bag

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan melakukan pengukuran. Buatlah pola atau desain paper bag yang Anda inginkan. Usahakan buat pola yang sederhana dan tidak terlalu rumit. Pola dan desain yang terlalu rumit akan menyulitkan saat proses pemotongan pola dilakukan. Tentukan garis potong yang presisi dan ukurannya pas. Ketelitian harus Anda jaga agar pola tidak salah ukur.

Langkah II: Memotong Kertas Sesuai Pola dan Desain

Setelah pola dan desain sudah dibuat, langkah berikutnya adalah memotong kertas sesuai dengan pola dan desain. Gunakan gunting dan penggaris untuk membantu Anda dalam melakukan proses pemotongan. Usahakan untuk memotong secara teliti dan pas. Jika pemotongan dilakukan tidak pas, pola tas jadi tidak tepat.

Langkah III: Membuat Lapisan dan Menyambut Tepi Kertas

Setelah kertas dipotong dan digunting sesuai dengan pola yang sudah dibuat, berikutnya adalah membuat lipatan pada bagian-bagian yang akan menjadi sisi bawah dan sisi atas paper bag. Gunakan penggaris untuk mendapatkan lipatan yang rata dan presisi. Kemudian, gunakan lem untuk menempelkan tepi kertas dan membentuk bagian badan paper bag. Anda juga bisa menyambung dengan menjahit bagian tepi kertas sebagai opsi agar tas lebih tahan lama. Bagian yang dijahit juga menambah estetika tas sehingga terlihat lebih menarik.

Langkah IV: Membuat Pegangan Paper Bag

Paper bag memerlukan pegangan agar mudah diangkat dan dibawa kemanapun. Anda bisa menggunakan potongan kertas yang sama atau dari bahan lainnya sebagai pegangan tas. Tempelkan pegangan pada bagian atas dan bagian dalam. Pastikan perekatnya agar tahan dalam penggunaan sehari-hari.

Langkah V: Membuat Dekorasi Paper Bag

Berikutnya, Anda bisa menambahkan hiasan dan dekorasi untuk paper bag Anda. Dekorasi dan hiasan digunakan agar paper bag Anda terlihat menarik dan estetik. Gunakan dekorasi seperti stiker, pita kertas, kain, atau hiasan lain sesuai dengan gaya atau tema hiasan yang Anda mau. Pastikan dekorasi dan hiasan tertempel dengan baik dan tidak mengganggu fungsi paper bag yang Anda buat.

Langkah VI: Finishing

Paper bag sudah dibuat. Langkah berikutnya, periksa kembali paper bag yang sudah selesai dibuat. Pastikan semua bagian sudah pas sesuai dengan pola yang sudah Anda buat sebelumnya. Dari sisi tampilan, pastikan juga Anda menaruh hiasan dan dekorasi dengan pas dan tidak mengganggu penggunaan tas.

Baca juga: Mau Cetak Kemasan? Perhatikan Hal Berikut!

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, paper bag yang pas dan sederhana bisa Anda buat di rumah. Jangan lupa untuk memberikan sentuhan kreativitas Anda agar paper bag memiliki tampilan yang menarik.

Butuh Paper Bag Berkualitas? Beli di Manuva Aja!

Paper bag merupakan jenis tas/kantong yang digunakan untuk memuat belanjaan sehari-hari. Paper bag memang awalnya digunakan sebagai pilihan yang ramah lingkungan dibandingkan kantong kresek. Paper bag juga merupakan tas yang memiliki desain yang lebih menarik dibandingkan dengan kantong plastik.

Dalam penggunaan sehari-hari, paper bag juga mulai digunakan secara luas untuk menunjang kebutuhan. Sedangkan untuk bisnis, sudah banyak brand yang beralih menggunakan tas ini sebagai medium kemas produk mereka.

Bagi Anda yang mau mendapatkan paper bag, daripada membuatnya sendiri, lebih baik membelinya secara langsung di Manuva.

Manuva menyediakan paper bag dan kemasan lainnya. Dengan jaminan kualitas, desain ergonomis dan modern, serta harga yang terjangkau, membeli paper bag di Manuva merupakan pilihan terbaik.

Segera kunjungi website Manuva untuk mendapatkannya secara online!